Berinvestasi di JORR I W2N adalah salah satu langkah strategis ASTRA Infra dalam mendiversifikasi portofolio
Jakarta (ANTARA) - ASTRA Infra terus meningkatkan investasi dalam rangka mendukung kemajuan infrastruktur dan mendorong pertumbuhan perekonomian Indonesia di tengah pandemi COVID-19.

"Berinvestasi di JORR I W2N adalah salah satu langkah strategis ASTRA Infra dalam mendiversifikasi portofolio bisnis jalan tol terutama area metro. Akuisisi ini juga merupakan wujud kontribusi ASTRA Infra dalam mendukung kemajuan infrastruktur dan mendorong pertumbuhan perekonomian Indonesia di tengah pandemi COVID-19," ujar Group CEO ASTRA Infra Djap Tet Fa dalam keterangan resmi di Jakarta, Kamis.

Baca juga: Persiapan Astra Tol Cipali jelang libur akhir tahun

Pada Kamis ini, ASTRA Infra menyelesaikan proses akuisisi 100 persen saham di PT Jakarta Marga Jaya (JMJ), yang dimiliki 51 persen oleh PT Jakarta Infrastruktur Propertindo (JIP) dan 49 persen saham PT Jaya Sarana Pratama (JSP).

Dengan penandatanganan dokumen pengalihan saham ini, maka secara tidak langsung, ASTRA Infra memiliki 35 persen saham PT Marga Lingkar Jakarta (MLJ) yang merupakan badan usaha jalan tol (BUJT) ruas Jalan Tol JORR I W2.

Dipaparkan, Jalan Tol JORR I W2N yang dikelola MLJ memiliki panjang 7,67 km dan telah beroperasi mulai 2014. Jalan Tol JORR I terhubung dengan Tol Jakarta-Cikampek, Tol Jakarta-Bogor, Tol Jakarta-Serpong, Tol Jakarta-Tangerang, Tol Sedyatmo dan merupakan urat nadi transportasi penting yang memperlancar arus distribusi logistik serta mobilitas masyarakat Jakarta dan sekitarnya.

Dengan adanya ruas Tol JORR I diharapkan konektivitas menjadi mudah dan lancar sehingga akan mendorong roda perekonomian nasional dan daerah terutama sekitar Jakarta.

Dengan tuntasnya transaksi ini, maka akan menambah kontribusi ASTRA Infra di ruas tol di Jawa menjadi sepanjang sekitar 357,6 km yang meliputi ruas Tol Tangerang-Merak (72,5 km), Cikopo-Palimanan (116,8 km), Semarang-Solo (72,6 km), Jombang-Mojokerto (40,5 km), Surabaya-Mojokerto (36,3 km), Kunciran-Serpong (11,2 km) dan JORR I W2N (7,67 km).

Di tengah pandemi COVID-19 yang masih melanda Indonesia, Djap menyampaikan ASTRA Infra tetap berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan kepada pengguna jalan tol melalui layanan operasional, infrastruktur maupun layanan pendukung demi terwujudnya tol yang aman, nyaman, dan lancar.

Baca juga: Astra Infra Toll prediksi BIJB Kertajati selesai akhir 2021
Baca juga: Astra menginginkan Resta Pendopo jadi barometer baru TIP tol

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2020