PUPR alokasikan Rp126 miliar bedah 7.077 rumah di Sumatera Utara

PUPR alokasikan Rp126 miliar bedah 7.077 rumah di Sumatera Utara

Dirjen Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid. ANTARA/HO-Dok Bag Hukum dan Komunikasi Publik Ditjen Perumahan Kementerian PUPR

Kami ingin meningkatkan kualitas rumah masyarakat agar lebih layak huni
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat mengalokasikan anggaran Rp126 miliar untuk program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) tahun 2020, atau kerap disebut bedah rumah, terhadap 7.077 rumah di Sumatera Utara.

"Dalam penyaluran dana BSPS ini tidak adanya pungutan biaya sama sekali jadi masyarakat bisa berswadaya dalam membangun rumahnya," kata Dirjen Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Kamis.

Khalawi menjelaskan program BSPS tahun 2020 di Sumatera Utara telah tersebar di 15 kabupaten di Sumatera Utara dengan progres fisiknya mencapai 90 persen.

Ia mengemukakan, Program BSPS ini adalah upaya pemerintah untuk membantu masyarakat di tengah pandemi COVID-19.

"Di masa pandemi ini kita tetap berusaha untuk memaksimalkan program BSPS. Kami ingin meningkatkan kualitas rumah masyarakat agar lebih layak huni," ujarnya.

Berdasarkan data Kementerian PUPR, penyaluran program BSPS di Sumatera Utara terbagi di 15 Kabupaten/Kota antara lain Kota Hubang Hasandutan 2000 unit, Kota Langkat 200 unit, dan Kota Tapanuli Selatan 250 unit.

Kemudian, Kota Karo 872 unit, Kota Simalungun 335 unit, Kota Tapanuli Utara 1200 unit, Kabupaten Samosir 500 unit, Kabupaten Nias Selatan 250 unit, Kabupaten Toba 410 unit, Kabupaten Batubara 140 unit, dan Kabupaten Padang Lawas Utara 200 unit.

Selanjutnya, Kabupaten Serdang Badagai 300 unit, Kabupaten Padang Lawas 220 unit, Kota Sibolga 100 unit dan Kabupaten Labuhan Batu Selatan 100 unit.

"Kami berharap ke depan program BSPS ini dapat lebih memberikan dampak yang lebih besar terhadap masyarakat ekonomi lemah dalam hal rumah yang tidak layak huni menjadi layak huni di Sumatera Utara," ucapnya.

Salah satu penerima bantuan Dedy Andriasakim dan istrinya Sesta Tambungan mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih kepada pihak kementerian PUPR atas bantuan sehingga rumahnya kini menjadi layak dan nyaman.

Baca juga: Kementerian PUPR alokasi Rp52,5 miliar guna bedah rumah di Kaltara
Baca juga: Kementerian PUPR: Program bedah rumah di Jateng capai 79,48 persen

Pewarta: M Razi Rahman
Editor: Ahmad Wijaya
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Kementerian PUPR rekomendasikan alokasi pendanaan SBSN

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar