Jakarta (ANTARA) - Liverpool, Chelsea, Brighton dan West Ham akan diizinkan menghadirkan para fan di stadion bulan depan di bawah sistem tingkat baru untuk mencegah penyebaran virus corona di Inggris.

Klub-klub Liga Premier itu berada di wilayah tingkat dua, yang berarti klub boleh menghadirkan 2.000 penonton.

Liga Premier belum mengonfirmasi jadwal untuk pertandingan yang dimainkan pada akhir pekan 5 dan 6 Desember nanti.

Baca juga: West Ham akui kehilangan 2 juta pound tiap pertandingan tanpa penonton

Brighton akan menjamu Southampton, Chelsea akan kedatangan Leeds, sedangkan Liverpool akan melawan Wolves di Anfield di saat West Ham bisa mendatangkan para fan ke London Stadium untuk kunjungan Manchester United.

Laga-laga itu menjadi pentandingan papan atas pertama yang bakal disaksikan langsung oleh penonton sejak krisis kesehatan global terjadi pada Maret lalu.

Pertandingan-pertandingan lain akan digelar di wilayah tingkat tiga, di mana para fan belum diizinkan menonton langsung di stadion.

Chairman Liga Sepak Bola Inggris Rick Parry mengatakan bahwa kompetisi akan mempertimbangkan apakah menggeser laga-laga pada Selasa depan ke Rabu jika klub tuan rumah diperbolehkan menghadirkan penonton setelah periode lockdown umum selesai.

Baca juga: Solskjaer : tanpa penonton, MU kehilangan 'faktor-X' di Old Trafford

Pemerintah setempat siap mengizinkan suporter kembali ke arena olahraga dalam jumlah terbatas mulai 1 Oktober, namun mencabut rencana tersebut setelah terjadi lonjakan kasus COVID-19 di Inggris.

Pertandingan Liga Europa antara Arsenal melawan tim tamu Rapid Vienna pada 3 Desember bisa menjadi laga pertama di Eropa yang melibatkan klub Inggris untuk menghadirkan para fan, demkian AFP.

Baca juga: Ketika semua kangen penonton
Baca juga: FA dan operator liga terus desak perizinan penonton ke stadion

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2020