Lisabon (ANTARA News/AFP) - Tim sepakbola Benfica meraih gelar juara Liga Bola Portugal ke-32, setelah mengalahkan Rio Ave 2-1 di kandang sendiri pada pertandingan terakhir musim ini, Minggu.

Klub Lisabon itu unggul lima angka dari klub yang menempati posisi kedua, Sporting Braga, yang ditahan imbang 1-1 oleh Nacional, yang merebut untuk pertama kalinya gelar Liga Portugal tahun 2005.

Posisi Braga dalam klasemen akhir itu merupakan yang tertinggi dalam sejarah mereka.

ini juga berarti bahwa FC Porto yang menempati posisi ketiga dan juara empat musim terakhir, akan kehilangan tempat di Liga Champions musim mendatang untk pertama kalinya sejak mereka juara UEFA Cup tahun 2003.

Benfica telah memenangi Piala Liga Portugal dengan mengalahkan Porto 3-0 di final bulan Maret, tetapi mereka disingkirkan dari Piala Portugal di babak 32 besar oleh Vitoria Guimaraes.

Mereka disingkirkan di perempatfinal Liga Eropa oleh Liverpool.

Di bawah pelatih Jorge Jesus, yang bergabung dengan klub tersebut musim panas lalu, Benfica kalah dua kali di ajang liga, yakni kalah dari Braga dan Porto.

Mereka juga didukung oleh lini penyerang terbaik mereka, yang mencetak 78 gol, serta barisan pertahanan mereka yang hanya kebobolsn 20 gol.

Pemain depan mereka asal Paraguay, Oscar Cardoso mencetak dua gol saat melawan Rio Ave hari Minggu di stadion Estadio da Luz yang berkpasitas 65.000 tempat duduk.

Ia mengakhiri musim ini dengan mencetak 26 gol liga, lebih banyak satu gol dibanding penyerang Porto asal Kolombia, Radamel Falcao.
(Uu.S005/B002/P003)

Pewarta:
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010