Kemarin, perakit bom JW Marriott hingga kerumunan Rizieq naik sidik

Kemarin, perakit bom JW Marriott hingga kerumunan Rizieq naik sidik

Djoko Tjandra (kiri depan) menjadi saksi di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Kamis (26-11-2020). ANTARA/Desca Lidya Natalia/pri.

Jakarta (ANTARA) - Lima berita hukum di laman Antaranews pada hari Kamis (26/11) yang masih menarik untuk dibaca dan menjadi perhatian publik, mulai dari penangkapan perakit bom JW Marriott-Ritz Carlton hingga polisi menaikkan kasus kerumunan Rizieq Shihab ke penyidikan.

1. Densus 88 tangkap Taufik Bulaga perakit bom JW Marriott-Ritz Carlton

Mabes Polri mengonfirmasi bahwa Densus 88 Antiteror telah menangkap Taufik Bulaga (TB) alias Upik Lawanga, terduga perakit bom di Hotel JW Marriott dan Hotel Ritz-Carlton beberapa tahun lalu.

"Jadi, pada tanggal 23 dan 25 November 2020, memang Densus 88 Antiteror telah melakukan penindakan terhadap tersangka TB alias Upik Lawanga dan beberapa DPO (daftar pencarian orang) kelompok JI (Jamaah Islamiyah)," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divhumas Polri Brigjen Pol. Awi Setiyono.

Selengkapnya di sini

2. Djoko Tjandra bayar Rp10 miliar kepada Tommy agar bisa pulang ke Indonesia

Djoko Tjandra mengaku membayar Rp10 miliar ke rekannya, Tommy Sumardi, untuk mengurus proses kepulangannya ke Indonesia.

"Dalam pembicaraan itu, saya lupa siapa yang mulai tapi intinya ada omongan 'Djok kalau urus seperti ini ada ongkos-ongkosnya'. Obrolan saya dengan Pak Tommy intinya kita bicara mengenai jumlah angkanya. Saya niat untuk urusi masalah itu, lalu Pak Tommy bilang 'You siapkan Rp15 miliar tapi saya katakan 'wah, Tom berat biaya Rp15 miliar, saya mulai bagaimana kalau Rp5 miliar?'Akhirnya kami sepakati angka Rp10 miliar," kata Djoko Tjandra di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta.

Selengkapnya di sini

3. KPK tahan staf khusus dan sespri Edhy Prabowo

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menahan staf khusus dan sespri Edhy Prabowo sebagai tersangka kasus dugaan suap terkait dengan perizinan tambak, usaha, dan/atau pengelolaan perikanan atau komoditas perairan sejenis lainnya pada tahun 2020.

Staf Khusus Menteri Kelautan dan Perikanan sekaligus Ketua Pelaksana Tim Uji Tuntas (Due Diligence) yang juga mantan caleg PDIP dalam Pemilu 2019 Andreau Pribadi Misata (APM) dan Sekretaris Pribadi Menteri Kelautan dan Perikanan Amiril Mukminin (AM) ditahan setelah keduanya menyerahkan diri ke KPK

Selengkapnya di sini

4. Kabareskrim Komjen Pol. Listyo Sigit raih "Top 10 Most Outstanding People"

Kabareskrim Polri Komjen Pol. Listyo Sigit Prabowo mendapat penghargaan 'Top 10 Most Outstanding People' karena dinilai berhasil membenahi dan membawa institusi Bareskrim Polri makin profesional dan juga keberaniannya dalam mengungkap kasus besar.

Selengkapnya di sini

5. Polisi naikkan kasus kerumunan Rizieq Shihab di Bogor ke penyidikan

Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Jawa Barat menaikkan status perkara dugaan pelanggaran protokol kesehatan dalam kegiatan Rizieq Shihab di Megamendung, Bogor, Jawa Barat, ke tingkat penyidikan.

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Jawa Barat Kombes Pol. C.H. Patoppoi mengatakan bahwa penetapan itu setelah pihaknya melakukan gelar perkara dan memeriksa sebanyak 12 orang dalam rangka penyelidikan sejak sepekan lalu.

Selengkapnya di sini

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Menakar kasus Djoko Tjandra

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar