Batam (ANTARA) - Gugus Tugas COVID-19 Kota Batam Kepulauan Riau mencatat tambahan 39 orang positif dan 42 orang sembuh dari paparan virus corona di kota setempat, pada Jumat.

Ketua Bidang Kesehatan Gugus Tugas Batam Didi Kusmarjadi menyatakan, dengan tambahan itu, total 3.941 orang positif COVID-19, sebanyak 3.193 orang di antaranya dinyatakan sembuh, 99 orang meninggal dan 649 orang sedang dirawat.

Dari tambahan 39 orang positif hari ini, 16 orang di antaranya adalah konfirmasi bergejala, 13 orang konfirmasi tanpa gejala, dan lima orang lainnya konfirmasi kontak dengan pasien terapar Virus Corona sebelumnya.

Gugus Tugas juga mencatat, sebanyak 649 orang dirawat di 12 rumah sakit, Bapelkes, dan isolasi mandiri.

Sementara itu, dengan tambahan tersebut, seluruh kecamatan di pulau utama berstatus zona merah, dua kecamatan di pulau penyangga berzona kuning yaitu Belakangpadang dan Bulang.

Sedang Kecamatan Galang yang juga di penyangga berstatus zona hijau.

Sementara itu, Pemkot Batam membentuk tim persiapan pemberian vaksin bagi masyarakat setempat, yang diketuai sekretaris daerah dan wakil kepala dinas kesehatan.

Tim bertugas menginventarisir kategori penduduk seperti jumlah banyak balita, lansia, yang dalam kondisi sakit dan sebagainya.

Kemudian, tim juga menginventarisir jumlah vaksin yang dibutuhkan dan sumber anggaran. Karena penganggarannya bisa dari APBN, APBD Provinsi Kepri dan APBD KOta Batam.

Baca juga: Seluruh warga diisolasi di Rusun BP Batam dinyatakan sembuh

Baca juga: Pelayanan IGD RSUD Batam ditutup

Baca juga: Pemprov Kepri minta Kawasan Industri lindungi pekerja dari COVID-19

 

Pewarta: Yuniati Jannatun Naim
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2020