Adlani Rambe bicara jadi solois hingga nonton drakor

Oleh Lia Wanadriani Santosa

Adlani Rambe bicara jadi solois hingga nonton drakor

Penyanyi Adlani Rambe (Instagram.com/adlanirambe)

Adlan nonton dramanya sampai tamat dan nangis. Sebenarnya dicekokin istri soalnya dia suka drakor
Jakarta (ANTARA) - Adlani Rambe punya kisah tersendiri menjejaki kariernya sebagai solois. Pria yang ternyata sejak kecil bercita-cita menjadi atlet dan hobi bermain bola itu awalnya sempat mengikuti organisasi musik di Yogyakarta sembari membentuk band sendiri.

"Ada beberapa organisasi yang Adlan ikuti. Pada saat itu Adlan masih punya band, kita tampil dari cafe ke cafe. Akhirnya kepikiran untuk sendiri karena main Instagram, YouTube," ujar dia saat berbincang bersama ANTARA melalui Live Instagram, Kamis (26/11).

Adlani lalu mengunggah videonya bernyanyi lagu-lagu milik penyanyi lain di YouTube pada tahun 2018 dan ternyata disukai warganet.

Selain memutuskan bergabung dengan label musik tempatnya bernaung saat ini, Adlani sempat mengikuti kompetisi menyanyi "The Voice Indonesia" tahun lalu.

Ketika ditanya adakah sosok yang menginspirasinya bergelut di dunia musik sementara tak ada di keluarganya yang pernah menjalani profesi serupa, dia menyebut sejumlah nama penyanyi ternama tanah air, salah satunya mendiang Nike Ardilla.

Baca juga: Tabur Bunga Mengenang Nike Ardila

"Sebenarnya yang menginspirasi di Indonesia ada Inka Christie, almarhumah Nike Ardilla, Judika, band Dewa19. Adlan selalu dengerin lagu-lagu mereka, untuk inspirasi Adlan sampai sekarang," tutur dia yang menggemari game Mobile Legend itu.

Dia bahkan menjadikan perjalanan musik Judika sejak awal hingga saat ini sebagai salah satu motivasinya untuk serius menyanyi dan bermusik. Dia berkata, "Adlan melihat juga perjalanan Judika dari nol sampai sekarang. Judika saja bisa harusnya Adlan juga bisa."

Soal kemampuan menyanyi, dia mengaku belajar secara otodidak. Pengalamannya di band walau memegang posisi gitaris ditambah hasil belajar dan praktik (cover lagu) selama beberapa tahun menjadi bekalnya, di luar bakat alami suaranya yang menurut Inka Christie punya ciri khas.

Berbicara soal genre musik yang diminati, Adlani tidak ingin berdiam di satu sisi tertentu. Dia mengaku terbuka pada genre musik apa saja baik itu dangdut, pop, slow rock maupun jazz.

"Adlan memandang musik itu enggak pernah membeda-bedakan genre musik harus apa. Jadi mungkin apa yang Adlan suka, Adlan dengarkan karena Adlan yakin misalnya buat lagu, nah kita suka dengerin dangdut, pop, jazz pasti ada salah satu yang nyangkut di lagu kita. Itu yang membuat bagus," papar dia.
 
Penyanyi Adlani Rambe (Instagram.com/adlanirambe)


Baca juga: Melebur rindu di mega konser Dewa 19

Dia diketahui tertarik pada lagu-lagu lawas tahun 1980-an, 1990-an hingga 2000-an dan sebagian lagu populer era itu akhirnya masuk dalam "Album Pop Termanis Vol.1", yang dia luncurkan awal November ini.

Isi album ini Album berisi lagu ini, empat di antaranya merupakan karya Pance Pondaag yakni "Tak Ingin Sendiri", "Ada Rindu Untukmu", "Satukanlah Hati Kami" dan "Demi Kau dan Si Buah Hati".

Kemudian lagu dari Obbie Messakh berjudul "Kisah Kasih di Sekolah", "Yang Terdalam", "Ruang Rindu" dari Noe LETTO, "Cinta Ini Membunuhku" (Rian Ekky Pradipta), "Cinta dan Benci" ( Roby Satria) dan "Tak Dapat Diputar" karya Adlani Rambe sendiri.

Dia mengatakan, memilih lagu lawas sebagai bentuk apresiasinya pada karya musik Indonesia sekaligus ingin lagu-lagu ini bisa didengarkan oleh generasi masa kini.

"Tertarik (pada lagu lawas) pas Adlan punya YouTube. Sebelumnya saat seleksi organisasi musik harus menyanyikan lagu tahun 1990-an. Memang dari kecil suka lagu jadul. Selain 'Isabella', suka lagu Nike Ardilla 'Seberkas Sinar', kalau lagi kesepian pasti dengar lagu itu, sambil merenung," ungkap dia.

Baca juga: Inka-Amy intimkan Malaysia-Indonesia

K-pop pun ternyata tak luput dari radar Adlani. Dia berencana melakukan cover lagu OST drama Korea Selatan "Boys Before Flower (BBF)" berjudul "Making a Lover" yang dinyanyikan grup SS501.

"Adlan nonton dramanya sampai tamat dan nangis. Sebenarnya dicekokin istri soalnya dia suka drakor," kata dia. 

Belum lama ini Adlan meluncurkan single duet bersama penyanyi Inka Christie, berjudul "Isabella" yang merupakan remake dari lagu populer milik band asal Negeri Jiran, Search (dibawakan sang vokalis, Amy).

Ke depannya, dia akan terus menghadirkan karya baru, termasuk single buatan sendiri. Saat ini, dia masih mempersiapkannya dan belum bisa memastikan waktu perilisannya. Dia berharap nantinya bisa berduet dengan Judika.

Ketika ditanya tantangan sebagai solois muda pendatang baru, Adlani mengakui diri sendiri menjadi tantangan terberatnya, terutama perkara suasana hati. Ketika suasana hati tak mendukungnya berkarya, dia berusaha memperbaikinya.

Mengakhiri sesi bincang, dia lalu mengirimkan pesan untuk para penggemarnya, "Untuk teman-teman di luar sana yang sudah mendukung Adlan, terima kasih banyak. Tetap semangat apa pun yang kalian kerjakan harus dijalani, disyukuri sampai sukses dan jaga terus kesehatan ya," demikian pesan Adlani.

Baca juga: Adlani Rambe ungkap di balik "Isabella"

Baca juga: Adlani Rambe ajak bernostalgia di "Album Pop Termanis Vol. 1"

Oleh Lia Wanadriani Santosa
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar