Presiden Brazil mengaku tak akan mau disuntik vaksin COVID-19

Presiden Brazil mengaku tak akan mau disuntik vaksin COVID-19

Presiden Brasil Jair Bolsonaro membawa sekotak klorokuin di depan Istana Alvorada, ditengah wabah penyakit virus corona (COVID-19) di Brasilia, Brasil, Kamis (23/7/2020). ANTARA FOTO/REUTERS/Adriano Machado/foc/djo

Brasilia (ANTARA) - Presiden Brazil Jair Bolsonaro pada Kamis malam mengatakan bahwa dirinya tak akan mau divaksin COVID-19, pernyataan terbaru yang menggambarkan keraguannya terhadap program vaksinasi virus corona.

Dalam pernyataan yang disiarkan langsung melalui berbagai platform media sosial, pemimpin sayap kanan itu menambahkan bahwa Kongres kemungkinan tidak mengharuskan warga Brazil mendapatkan vaksin.

Brazil mencatat kematian COVID-19 tertinggi kedua di dunia, dan Bolsonaro selama berbulan-bulan meremehkan bahaya pandemi meski dirinya pernah menjadi pasien COVID-19 pada Juli lalu.

"Saya katakan, saya tidak akan disuntik (vaksin). Itu hak saya," katanya.

Baca juga: Presiden Brazil: Warga tak akan dipaksa disuntik vaksin corona

Baca juga: Presiden Brazil berbincang dengan menkes positif corona tanpa masker


Bolsonaro menyampaikan keraguan atas manfaat penggunaan masker dalam siaran tersebut, menyiratkan bahwa terdapat sedikit bukti konklusif tentang keefektifan masker dalam mencegah penularan virus corona.

Dia juga kerap mengatakan warga Brazil tidak akan diharuskan mengikuti vaksinasi ketika vaksin COVID-19 tersedia secara luas.

Pada Oktober, Bolsonaro melontarkan lelucon di Twitter, yang menuliskan bahwa vaksinasi hanya diwajibkan untuk anjingnya saja.

Sumber: Reuters

Baca juga: Lembaga Brazil impor vaksin COVID-19 China yang ditolak Bolsonaro

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Yuni Arisandy Sinaga
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Khotbah Jumat bisa dimanfaatkan untuk sosialisasi vaksinasi di Aceh

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar