Sektor akuakultur, perbankan dan sekuritas termasuk di antara peraih keuntungan terbesar
Beijing (ANTARA) - Saham-saham China berakhir lebih tinggi pada perdagangan Jumat, dan berhasil mencatat kenaikan mingguan ketika laba yang optimis dari perusahaan-perusahaan industri menunjukkan pemulihan berkelanjutan di ekonomi terbesar kedua di dunia itu di tengah wabah virus corona. Indikator utama pasar saham China, Indeks Komposit Shanghai terangkat 1,14 persen menjadi ditutup pada 3.408,31 poin, sementara Indeks Komponen Shenzhen yang melacak saham-saham di bursa kedua China berakhir 0,67 persen lebih tinggi menjadi menetap di 13.690,88 poin.

Laba Oktober di perusahaan-perusahaan industri China melonjak 28,2 persen menjadi 642,91 miliar yuan (97,79 miliar dolar AS) dibandingkan dengan tahun sebelumnya, data resmi menunjukkan pada Jumat, menunjuk pada pemulihan yang stabil di sektor manufaktur setelah dilanda pandemi COVID-19.

Nilai transaksi gabungan saham-saham yang mencakup kedua indeks tersebut menyusut menjadi 725,7 miliar yuan (sekitar 110,36 miliar dolar AS) dari 733,3 miliar yuan (sekitar 111,5 miliar dolar AS) pada penutupan perdagangan sehari sebelumnya.

Sektor akuakultur, perbankan dan sekuritas termasuk di antara peraih keuntungan terbesar, dengan saham CNFC Overseas Fisheries Co., Ltd. melonjak pada batas harian 10 persen menjadi 6,7 yuan per saham.

Melawan tren kenaikan, saham-saham yang terkait dengan silikon organik dan unsur tanah jarang melaporkan kerugian besar. Sementara itu, indeks ChiNext yang melacak saham-saham perusahaan sedang berkembang di papan bergaya Nasdaq China, bertambah 0,37 persen menjadi mengakhiri perdagangan pada 2.618,99 poin.

Baca juga: Saham China dibuka lebih tinggi setelah bervariasi sehari sebelumnya
Baca juga: Saham China ditutup bervariasi, Indeks Shanghai naik, Shenzhen turun


 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2020