Jayapura (ANTARA News) - Persatuan Sepak Bola Indonesia Jayapura (Persipura) mengukuhkan diri sebagai tim paling tangguh di Grup M Piala Indonesia setelah mengalahkan tamunya, Persatuan Sepak Bola Indonesia Kabupaten Bogor (Persikabo), 4-1 di Stadion Mandala Jayapura, Selasa.

Dalam laga yang dipimpin oleh wasit Iwan Sukoco, Persikabo berhasil memimpin lebih dulu lewat kaki Jibby Wuwungan pada menit ke-8 setelah memanfaatkan kesalahan pemain belakang.

Ketinggalan satu angka Persipura langsung merespons. Berawal dari serangan balik yang dilakukan David Lally dengan memberi umpan silang di depan gawang lawan dan berhasil membuahkan gol lewat kaki Gerald Pangkali pada menit ke-1, sehingga mengubah kedudukan menjadi 1-1.

Bertanding di Stadion Mandala, tim besutan Jacksen Ferreira Tiago semakin beringas dengan terus mengurung pertahanan tim Persikabo.

Persipura kembali membuktikan diri sebagai jawara Liga Super Indonesia 2008/2009. Berawal dari pelanggaran pemain belakang Persikabo Markus S. di dalam kotak 16, Viktor Igbonefo yang ditunjuk sebagai eksekutor berhasil mengeksekusi penalti sekaligus menutup babak pertama buat keunggulan Persipura 2-1.

Memasuki babak kedua, Persipura tetap memegang kendali permainan. Terbukti baru berjalan tiga menit, Persipura langsung membuat peluang lewat Boaz Sallosa. Beruntung tendangan Boaz masih bisa ditepis oleh panjaga gawang Persikabo Ariek SB.

Pada menit keenam Ian Luis Kabes kembali mengancam. Namun sayangnya, tendangan sudut Ian yang meluncur ke gawang masih bisa dihalau Zainal. Namun, dua menit berselang, Persipura berhasil memperlebar jarak.

Lagi-lagi berawal dari Ian Luis Kabes lewat sepakan pojok yang mengarah kepada Boaz dan diteruskan pelan ke arah Imanuel Wanggai. Sepakan keras Imanuel berhasil mengubah kedudukan menjadi 3-1.

Persipura kembali membuktikan diri layak menyandang gelar sebagai tim terbaik tahun ini. Berawal dari umpan terukur Bio Paulin Piere ke Ian Luis Kabes yang tinggal berhadapan dengan Ariek. Ian Kabes berhasil menceploskan bola sekaligus mengubah kedudukan menjadi 4-1.

Meski terus menciptakan peluang, Persipura gagal menambah pundi-pundi golnya. Hingga 90 menit pertandingan, kedudukan 4-1 tak berubah untuk Persipura.

Persipura akan kembali menjamu Persatuan Sepak Bola Indonesia Kediri (Persik) di Stadion Mandala Jayapura pada 13 Mei 2010.

Pelatih Persipura Jacksen F. Tiago mengatakan dengan kemenangan ini timnya akan kembali fokus ke Kompetisi Indonesia Super Liga (ISL). Sesuai jadwal, pihaknya akan menjamu Persatuan Sepak Bola Surabaya (Persebaya) pada 16 Mei 2010 di Stadion Mandala.

"Posisis kami di Liga Indonesia sudah aman. Untuk itu, kami kembali fokus ke ISL, mengingat Persipura masih tertinggal tiga poin atas Arema Malang. Untuk meraih poin penuh kami harus fokus," katanya menandaskan.

Sementara itu, Asisten Pelatih Persikabo, Azny Azhari, mengatakan pengalaman bertanding seorang pemain sangat memengaruhi.

"Pemain Persikabo rata-rata masih muda dan kurang memiliki pengalaman bertanding sehingga pada saat berhadapan dengan pemain Persipura sekelas Boaz Salossa, pemain terlihat kebingungan," katanya.

Kendati demikian, dia bangga terhadap anak asuhannya yang bisa mencetak gol di kandang Persipura.

Susunan Pemain

Persipura: Jendry Pitoy; Victor Igbonefo, Ricardo Salampessy, Bio Pauline Pierre, Ian Louis Kabes, David Lally (Boaz Sallosa, 50), Erol Iba (Ortizan Salossa, 61), Imanuel Wanggai (Stefi Bonsapia, 64), Eduard Ivakdalam, Yustinus Pae, Gerald Pangkali.

Persikabo: Ariek S.B., Rojali Movval, Mu`min, Markus S., Saipuloh M., Ade Iwan (Abd. Gani. P., 59), Zainal, Jejen, Depri R. (Rodrigo S., 42), Ari P. (Sasa Y., 30), Jibby Wuwungan.

(KR-ALX/D007/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010