Kuala Lumpur (ANTARA News) - Pelatih ganda Malaysia Rexy Mainaky meminta maaf atas sikap pemain asuhannya Mohd Fairuzizuan Mohd Tazari yang terpancing emosinya oleh penonton menyusul kekalahannya bersama pasangannya Mohd Zakry Abdul Latif.

Pada pertandingan penentuan juara Grup B putaran final Piala Thomas antara tuan rumah Malaysia melawan Jepang di Putra Stadium, Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, Selasa malam, tim Malaysia memimpin 2-1 saat Zakry/Fairuz kalah dari Kenta Kazuno/Kenichi Hayakawa 15-21, 12-21 yang membuat kedudukan menjadi 2-2.

Kekalahan tersebut memicu kata-kata kotor dari arah penonton yang membuat Fairuz terpancing emosinya.

Atas kejadian yang disaksikan Ibu Negara Datin Seri Rosmah Mansor tersebut, Rexy merasa perlu meminta maaf. "Itu sesuatu yang sangat memalukan. Bukan memalukan saya sendiri tetapi juga tim dan negara secara luas, apalagi `First Lady" melihat dia berbuat begitu," kata Rexy kepada pers.

"Saya minta maaf kepada `First Lady` atas tingkah laku pemain kita," kata pelatih asal Indonesia tersebut.

"Soal penonton itu hak dia. Dia datang mau melihat pemain menunjukkan permainan terbaik untuk negaranya, penonton punya hak untuk itu, dan sebagai pemain dunia risikonya seperti itu, saya tidak menyalahkan penonton," tambahnya.

Soal permainan ganda tersebut, Rexy mengatakan, khususnya Fairus lebih banyak dikendalikan oleh emosinya saat bermain sehingga permainannya tidak keluar.

"Mungkin ia ingin menunjukkan permainannya karena selama ini kurang baik, tetapi justru emosinya yang lebih mengendalikan sehingga pola permainan tidak berjalan ... Setelah ini akan dilihat lagi apakah kita akan menurunkan ganda ketiga atau mereka dipisah untuk pertandingan selanjutnya," katanya.

Rexy juga menyebutkan jika kemungkinan pasangan tersebut dikenai tindakan disiplin, maka mereka tidak akan dikirim mengikuti turnamen.

Sebelum pertandingan tersebut, Malaysia sudah memimpin 2-1 setelah Lee Chong Wei menang atas Kenichi Tago 21-12, 21-13, diikuti kemenangan ganda pertama Koo Kien Keat/Tan Boon Heong atas Noriyasu Hirata/Hirokatsu Hashimoto 21-13, 21-17.

Tunggal kedua Jepang Sho Sasaki meraih angka pertama bagi Jepang setelah mengalahkan tunggal kedua Malaysia Wong Choong Hann 21-17, 21-18.

Akhirnya Malaysia menyerah kepada Jepang 2-3 setelah tunggal ketiga mereka, Mohd Hafiz Hashim kalah oleh Shoji Sato 10-21, 21-14, 18-21.

Baik Jepang maupun Malaysia lolos ke perempat final setelah menang WO atas Nigeria. Bagi Malaysia pertandingan melawan Jepang merupakan penampilan pertama di lapangan menyusul kemenangan WO tersebut.
(T.F005/S005/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010