Jakarta (ANTARA) -- Xiaomi Redmi 9 merupakan generasi paling baru dari jajaran smartphone Redmi lainnya. Memang untuk seri-seri lain, seperti seri Redmi 10X, Mi 10, Mi 10T sampai dengan Redmi Note 10 sudah mencapai versi ke-10 akan tetapi khusus untuk yang versi angka, Redmi 9 masih menjadi seri tertingginya.

Redmi 9 ini dirilis pada pertengahan kuartal kedua tahun 2020 dengan segmen pasar yang disasar adalah para pengguna smartphone kelas menengah. Bagi yang ingin mengetahui seperti apa spesifikasi dan kehebatan dari Redmi 9, maka simak ulasan lengkapnya di bawah ini. 

Desain 

Redmi 9 ini hadir dalam satu box yang berisikan perangkat mobile itu sendiri, jelly case, kabel charger USB type-C, kepala charger 10W (5V/2A), SIM Card ejector dan beberapa buku panduan lainnya. Tidak ada headphones yang diikutsertakan di dalam kemasan. 
Dari sisi desainnya, Redmi 9 ini memang sekilas tidak ada beda dengan model-model sebelumnya. Desain yang digunakan masih sama, yaitu mengadopsi bentuk flat untuk depan dan belakang serta lengkungan yang presisi untuk setiap ujungnya. Hanya saja, ketika jika dilihat lebih detail, maka akan terlihat bahwa Redmi 9 ini memiliki beberapa perbedaan, terutama dengan Redmi 8 dan Redmi 7. 

Dari tampilan casing belakangnya, Redmi 7 menggunakan warna bergradasi dari gelap ke terang, sedangkan Redmi 8 dilengkapi dengan case belakang berwarna glossy yang memiliki alur-alur khusus. Untuk Redmi 9 ini, Xiaomi memilih mendandani produk smartphonenya ini dengan warna yang cenderung doff. Terdapat 3 warna pilihan untuk Redmi 9 ini, yaitu Carbon Grey, Sunset Purple dan Ocean Green. 

Casingnya yang terbuat dari plastik keras ini cukup kuat terhadap benturan minor ataupun jika terkena goresan kecil. Smartphone ini juga sudah mengantongi sertifikat IP58 yang memiliki artian masih cukup kuat terkena cipratan air atau splashproof. Hanya saja yang patut diingat, splashproof tidak sama dengan waterproof apalagi water repelent, ya. 

Pada sisi sebelah kanan, terdapat tombol Power atau tombol On/Off dan tombol Volume Up/Down. Desainnya masih sama seperti yang kebanyakan digunakan pada model Redmi pada umumnya. Sedangkan pada sisi kiri, terdapat slot untuk memasukkan SIM Card dan microSD. Pada bagian atas terdapat lubang IR blaster dan microphone, sedangkan pada bagian bawah ada lubang speaker, headphone jack 3,5mm, lubang microphone kedua dan port untuk charger. 

Di bagian belakang, ada modul untuk lensa kamera, spot untuk pemindai sidik jari dan flash-nya dengan desain melingkar yang tersamarkan. Sedangkan di bagian depan, terdapat layar besar dengan waterdrop notch di sisi atas untuk lensa depannya. Smartphone satu ini memiliki panjang 163,32 mm atau 6,43 inci dengan lebar 77,01 mm atau 3,03 inci dan ketebalannya hanya 9,1 mm atau 0,36 inci. Sedangkan beratnya adalah 198 gram atau 6,98 ons. 

Layar 

Beralih ke sisi layarnya, Redmi 9 dilengkapi dengan layar berjenis IPS LCD berukuran 6,53 inci. Layarnya ini masih mengusung desain bezel-less dengan rasio screen-to-body 89,83 persen. Resolusi layarnya adalah 2340 x 1080 pixels FHD+ dengan tingkat density 394 ppi. Rasio aspeknya adalah 19,5:9 dan rasio kontrasnya adalah 1500:1. Sedangkan tingkat kecerahannya mencapai 400 nits. 

Dari segi ukuran sampai dengan resolusi, layar Redmi 9 ini lebih besar dibandingkan dengan Redmi 8 ataupun Redmi 7. Hanya saja, Xiaomi menurunkan tingkat pelindung layarnya. Jika Redmi 7 dan Redmi 8 dilengkapi dengan Corning Gorilla Glass 5 sebagai pelindung layarnya, justru Redmi 9 ini hanya memiliki pelindung Corning Gorilla Glass 3. Dengan artian, pengguna perangkat ini masih harus menambahkan tempered glass sebagai pelindung terluar layarnya. 

Layar Redmi 9 ini telah dilengkapi dengan beberapa mode yang dapat diatur sekehendak hati, seperti mode warna (diatur berdasarkan temperatur yang diinginkan), mode standar dan mode baca. Tidak hanya itu saja, layarnya juga dapat secara langsung digunakan di bawah sinar matahari. 

Internal 

Chipset yang digunakan pada Redmi 9 ini adalah Helio G80 dari MediaTek. Helio seri G ini banyak digunakan untuk smartphone-smartphone kelas mid-range pada umumnya. Walaupun begitu, MediaTek Helio G80 ini masih lebih tangguh dibandingkan dengan Qualcomm Snapdragon 439 SoC yang digunakan pada Redmi 8. 

Walaupun bukan chipset game, akan tetapi sudah Helio G80 ini sudah cukup tangguh untuk dipakai bermain banyak game dari kelas menengah sampai atas. Selain itu, Helio G80 ini memiliki kemampuan untuk mereduksi pemakaian daya baterainya. Jadi dapat dikatakan cukup hemat baterai walaupun digunakan untuk berbagai aktivitas atau dalam durasi lama. 

Prosesor yang dipakai adalah Octa-core dengan clock speed 2GHz yang berpadu dengan kartu grafis ARM Mali-G52 MC. Fabrikasi mesinnya adalah 12nm FinFET. Sedangkan RAM-nya terdapat 2 varian, yaitu 3GB dan 4GB LPDDR4X. Tidak hanya RAM-nya saja, ROM-nya pun tersedia dalam 2 pilihan, yaitu yang berkapasitas 32GB dan 64GB eMMC 5.1. Kapasitas internal storagenya masih dapat ditambah dengan menggunakan microSD. 

Ketika diujicobakan dalam tes AnTuTu, Redmi 9 mendapatkan nilai 202330 atau hanya berselisih sedikit dengan Xiaomi Redmi Note 9 yang mendapatkan nilai 207559. Sedangkan dalam tes menggunakan Geekbench 5 single-core, nilai yang didapatkannya mengalahkan Redmi Note 9, yaitu sebesar 368. Untuk tes Geekbench 5 multi-core, nilai yang didapatkan Redmi 9 adalah 1349 dan menggunakan Jetstream 2 adalah 28.222. 

Bahkan hanya dengan menggunakan RAM 3GB saja, Redmi 9 ini sudah lebih dari cukup untuk dipakai seharian penuh ataupun digunakan untuk bermain game secara nonstop tanpa takut perangkat menjadi menurun performanya. 
Sedangkan untuk operating system yang digunakan adalah Android 10 dengan user interface MIUI 11 dan dapat diupgrade ke MIUI 12 nantinya. Perpaduan antara Android 10 dan MIUI 11 di dalamnya dapat membuat tampilan perangkat lebih bagus dan juga tingkat sekuritasnya lebih tinggi. Bahkan ada beberapa aplikasi bawaan MIUI 11 yang ditambahkan secara otomatis. 

Kamera 

Total terdapat 5 buah lensa kamera yang tersemat pada body smartphone satu ini. 1 lensa kamera terdapat di depan dan 4 buah lainnya di sisi belakang. Untuk lensa kamera utamanya yang terletak di belakang memiliki resolusi sebesar 13MP. Lensa kamera utamanya ini mempunyai aperture f/2.2 dengan kemampuan auto-focus yang cepat. 

Ketika digunakan di tempat terbuka yang kaya cahaya atau pada siang hari, kamera utamanya mampu dipakai untuk memotret dengan hasil yang sangat berkualitas. Begitupun di dalam ruangan yang kaya cahaya, hasil foto yang didapatkan sama bagusnya. Apabila dipakai untuk memotret di tempat yang minim cahaya atau saat malam hari, maka pengguna dari Redmi 9 ini dapat memakai fasilitas flashnya yang mampu memancarkan cahaya bagus tanpa membuat hasil foto menjadi pucat. 

Sedangkan lensa kamera keduanya memiliki resolusi sebesar 8MP dengan fungsi sebagai ultrawide-angle lens. Aperture lensanya f/2.2 dengan FOV atau rentang tangkapan terjauh mencapai 118°. Untuk lensa ketiganya yang memiliki resolusi 5MP didedikasikan bagi yang doyan mengambil gambar jarak dekat atau macro. Aperture lensanya sebesar f/2.4 dengan tangkapan jarak maksimal dengan objek utama sedekat 4 cm. Apabila takut objek utama bergerak atau kabur, maka pengguna smartphone ini dapat memanfaatkan fasilitas flash yang memang dipasang untuk fitur tersebut. Untuk lensa kamera keempatnya memiliki resolusi sebesar 2MP dan berfungsi sebagai lensa depth field. 

Beranjak ke sisi depan, terdapat satu lensa kamera dengan resolusi sebesar 8MP yang memiliki ukuran 27mm dengan aperture f/2.0. Dengan lensa kamera depannya ini, maka Anda dapat melakukan swafoto dengan hasil bagus dan dipercantik efek bokeh halus di sekelilingnya. Selain dapat menggunakan tombol shutter, Anda juga dapat memotret dengan hanya melambaikan tangan di depan layar. Hal itu dikarenakan Redmi 9 ini dilengkapi dengan fasilitas Palm Shutter untuk lensa kamera depannya. 

Baik lensa kamera utama di bagian belakang ataupun lensa kamera depannya, keduanya support untuk digunakan merekam video dengan resolusi maksimal 1080p @30 frame per second atau fps. 

Baterai 

Dibandingkan dengan 2 model terdahulu, Redmi 8 dan Redmi 7, kapasitas baterai yang dimiliki Redmi 9 ini lebih besar. Redmi 7 menggunakan baterai berjenis non-removable Lithium Polymer dengan kapasitas 7000 mAh, sedangkan Redmi 8 memakai baterai berjenis non-removable Lithium Polymer dengan kapasitas sebesar 5000 mAh. Redmi 9 ini juga memakai baterai berjenis non-removable Lithium Polymer tapi berkapasitas lebih besar, 5020 mAh. 

Selain itu, untuk masalah baterainya, Xiaomi telah merancang smartphone ini untuk support dengan teknologi Quick Charge 3.0 dengan pengisian cepat 18W. Dari posisi 30 persen ke 100 persen, Anda hanya membutuhkan waktu 1 jam 37 menit. 

Ketika digunakan untuk memutar musik yang tersimpan di dalam perangkat secara nonstop, baterainya mampu bertahan sampai dengan 185 jam lamanya. Dalam mode bicara, baterainya kuat digunakan sampai 31 jam dan untuk menonton video yang tersimpan di dalam perangkat, sampai dengan 19 jam lamanya. Hal yang sama juga didapatkan ketika smartphone ini dipakai sebagai media navigasi, yatu baterainya kuat bertahan sampai dengan 19 jam lamanya. 

Kesimpulan 

Xiaomi Redmi 9 adalah smartphone seri angka paling baru dari Xiaomi. Smartphone ini memiliki kelebihan pada sisi baterainya yang berkapasitas cukup besar, 5020 mAh. Bahkan lebih besar dibandingkan kebanyakan smartphone kelas mid-range pada umumnya. Selain itu, Redmi 9 juga memiliki desain yang cukup cantik dan terkesan mewah. 

Chipset yang dimilikinya adalah MediaTek Helio G80 dengan prosesor Octa-core yang miliki clock speed mencapai 2GHz serta GPU Mali-G52 MC2, 950 MHz. Layarnya berukuran cukup besar, 6,53 inci, dengan resolusi 2340 x 1080 pixels FHD+. Terdapat 5 buah lensa kamera tersemat di tubuh Redmi 9 ini yang mana 4 terletak di belakang dan 1 buah di sisi depan. 

Memang Redmi 9 ini bukanlah smartphone yang masuk kategori gaming phone, akan tetapi tetap dapat dipakai untuk bermain game kelas menengah sampai atas dengan lancar dan tanpa gangguan berarti. 

Sekarang ini, Redmi 9 sudah masuk dan diperjualbelikan di pasaran Tanah Air. Merunut pada website resminya, Redmi 9 dijual dengan harga mulai dari Rp1,74 jutaan. 

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2020