Sulut alami lonjakan COVID-19 terbanyak dengan 152 kasus baru

Sulut alami lonjakan COVID-19 terbanyak dengan 152 kasus baru

Jubir Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 Sulawesi Utara (Sulut), dr Steaven Dandel MPH. ANTARA/HO-Satgas COVID-19

Manado (ANTARA) - Provinsi Sulut mengalami lonjakan penularan COVID-19 sebanyak 152 kasus baru atau menjadi yang terbanyak sejak pasien positif pertama diumumkan tengah Maret lalu.

"Kota Bitung, Kota Manado dan Kabupaten Minahasa dan Kota Tomohon menjadi terbanyak kasus baru yang diumumkan hari ini," ujar Jubir Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 Sulut, dr Steaven Dandel MPH di Manado, Jumat.

Kota Bitung berkontribusi terbanyak yaitu 42 kasus, Kota Manado 38 kasus dan Kabupaten Minahasa 26 kasus dan Kota Tomohon 19 kasus.

Selanjutnya, Kabupaten Minahasa Utara (sembilan kasus), Kota Kotamobagu dan luar wilayah masing-masing empat kasus, sementara Kabupaten Minahasa Tenggara (tiga kasus).

Kabupaten Minahasa Selatan dan Bolaang Mongondow masing-masing dua kasus, sedangkan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Kepulauan Sangihe dan Kepulauan Talaud masing-masing satu kasus.

Baca juga: Angka kesembuhan COVID-19 Sulut capai 84,65 persen

Secara akumulatif, kasus terkonfirmasi positif di provinsi berpenduduk lebih dari 2,6 juta jiwa itu telah mencapai 6.745 orang.

Pasien yang dinyatakan sembuh terus bertambah menjadi 5.270 orang (bertambah sebanyak 21 orang) atau mencapai 78,13 persen.

Dia menyebutkan, angka kematian (Case Fatality Rate) sebanyak 239 orang atau sebesar 3,54 persen.
Kasus aktif juga terus meningkat per harinya dan menyentuh angka 1.236 orang atau sebesar 18,33 persen dari angka akumulasi positif.

"Tetaplah kita mendisiplinkan diri menerapkan protokol kesehatan," ajak dokter Steaven.

Baca juga: Angka kematian karena COVID-19 di Sulut capai 3,76 persen

Pewarta: Karel Alexander Polakitan
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Puluhan warga Sulut yang tertahan di Ternate akhirnya bisa pulang

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar