PLN: Korsleting di Jalan Balai Pustaka akibat kabel tanah terbakar

PLN: Korsleting  di Jalan Balai Pustaka akibat kabel tanah terbakar

Petugas PT PLN memperbaiki kabel korslet di salah satu tiang listrik yang terbakar di Jalan Balai Pustaka, Rawamangun, Jakarta Timur, Jumat (27/11/2020). ANTARA/HO-Humas PLN.

jaringan listrik sudah kembali menyala setelah sempat dipadamkan akibat peristiwa korsleting
Jakarta (ANTARA) - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) mengungkapkan peristiwa korsleting kabel listrik di Jalan Balai Pustaka, Rawamangun, Jakarta Timur, Jumat (27/11) malam akibat kabel tanah yang terbakar.

"Petugas PLN sudah sampai di lokasi untuk melakukan pengecekan dan diketahui adanya kabel tanah tegangan rendah yang terbakar," kata Senior Manager General Affairs PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya Emir Muhaimin di Jakarta, Sabtu.

Baca juga: Instalasi listrik di Jalan Balai Pustaka terbakar saat hujan deras

Emir mengatakan peristiwa dilaporkan terjadi pada pukul 20.50 WIB saat hujan deras disertai angin kencang.

Petugas langsung melakukan perbaikan jaringan listrik dan pada pukul 21.50 WIB sehingga jaringan listrik sudah kembali menyala.

"Sehubungan dengan terjadinya kebakaran kabel listrik di Jalan Balai Pustaka, kami sampaikan permohonan maaf atas kejadian tersebut," katanya.

Baca juga: Mayat pria di Kali Ciliwung diperkirakan sudah dua hari tewas

Sebelumnya diberitakan sambungan listrik menuju bangunan tempat ibadah gereja di Jalan Balai Pustaka, Rawamangun, Jakarta Timur, terbakar hingga berasap tebal.

Titik yang terbakar berada di salah satu tiang listrik PT PLN yang mengeluarkan beberapa kali percikan api hingga membuat sejumlah pengendara panik dan memutuskan untuk menghentikan sementara laju kendaraan.

Awalnya muncul asap pekat dari gorong-gorong saluran air dekat tiang listrik, lalu api dengan cepat menyala di bagian instalasi kabel yang menuju gereja. Namun rambatan api tidak sampai ke bangunan gereja.

Baca juga: Zaynnury ditemukan tewas setelah 22 jam dinyatakan hilang

Menindaklanjuti laporan petugas gereja, tim pemadam kebakaran Jakarta Timur menangani situasi dengan mensterilkan tiang listrik yang terbakar dari kerumunan warga.

"Diduga korsleting listrik. Kita sterilkan dan sudah tertangani," kata Kasi Operasional Damkar Jakarta Timur Gatot Sulaeman.

Tidak dilaporkan korban luka maupun jiwa dalam peristiwa itu, namun terjadi kepadatan lalu lintas sekitar 200 meter menjelang Gereja Rawamangun.

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Kios di pusat perbelanjaan Thamrin City terbakar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar