Sepak Bola Nasional

Timnas U-16 lanjutkan latihan di Sleman mulai 6 Desember

Timnas U-16 lanjutkan latihan di Sleman mulai 6 Desember

Pelatih tim nasional U-16 Indonesia Bima Sakti saat memimpin latihan skuadnya di Dubai, Uni Emirat Arab pada 23 Oktober 2020. (ANTARA/HO/PSSI)

Jakarta (ANTARA) - Setelah menuntaskan pemusatan latihan (TC) pada November 2020 di Bogor, tim nasional U-16 akan melanjutkan TC persiapan Piala Asia U-16 mulai 6 Desember 2020 di Sleman, DI Yogyakarta.

"Rencananya kami akan TC kembali pada tanggal 6 Desember 2020 yang kemungkinan diselenggarakan di Sleman," kata pelatih timnas U-16 Bima Sakti dalam laman resmi PSSI di Jakarta, Minggu.

Bima menyebut dia dan staf pelatih akan terus memperbaiki performa para pemainnya dalam latihan.

Ada beberapa yang dinilainya masih perlu ditingkatkan seperti koordinasi dan pertahanan.

"Semoga saja bisa lebih baik lagi. Sampai saat ini koordinasi masih kurang terutama barisan bertahan, di mana mereka harus sejajar dan 'drop back' saat lawan melakukan 'long pass direct'. Itu yang akan terus kami perbaiki," kata Bima.

Berkaitan dengan perkembangan anak-anak asuhnya sampai TC November 2020, Bima Sakti menganggap para pemainnya semakin siap menghadapi Piala Asia U-16 tahun depan.

Baca juga: Sembuh dari cedera, Arkhan Fikri bidik satu tempat di timnas U-16

Selain membenahi aspek teknik, taktik, fisik dan mental, pelatih timnas Indonesia dalam Piala AFF 2018 itu juga membiasakan timnya dengan cuaca dan jadwal pertandingan kompetisi tingkat Asia yang akan digelar di Bahrain itu.

"Saya menyamakan jadwal seperti halnya turnamen tersebut, di mana ada waktu main, istirahat, lalu bermain kembali. Kemudian, saya juga ingin membiasakan para pemain untuk bermain di perubahan kondisi cuaca, seperti dari sejuk ke panas, yang kami lakukan pagi ini hingga menjelang siang hari," tutur Bima.

TC timnas U-16 yang berlangsung November ini di Stadion Pakansari dan diikuti 26 pemain itu berakhir Sabtu 28 Nomver yang ditandai dengan pertandingan internal.

Sebelum itu, timnas U-16 beruji coba ke Uni Emirat Arab untuk menghadapi tim tuan rumah. Hasilnya, Indonesia kalah dua kali dari dua pertemuan.

"Koordinasi lini belakang selama ini menjadi kekurangan. Hal itu terlihat saat dua kali bertemu UAE. Namun, sekarang, semuanya semakin membaik. Saya ingin saat bertanding tim bermain lebih dekat dan rapat dalam bertahan untuk mengantisipasi serangan balik langsung dari lawan," kata Bima.

Baca juga: Bima: performa timnas U-16 membaik meski dua kali kalah dari UAE
 

Pewarta: Michaell Siahaan
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Presiden minta pemain Timnas U-16 jaga gaya hidup

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar