Rumah Sepeda Indonesia hadir di Kota Bandung

Rumah Sepeda Indonesia hadir di Kota Bandung

Suasana peresmian Rumah Sepeda Indonesia (RSI) di Jalan Sumbawa, Kota Bandung, Jawa Barat, Minggu (29/11/2020). (ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi)

Bandung (ANTARA) -
Rumah Sepeda Indonesia (RSI), tempat singgah dan wadah kegiatan para pengguna sepeda, kini hadir di Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat.

Dalam acara peresmian RSI di Kota Bandung, Minggu, Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandung Ricky Gustiadi mengemukakan peran komunitas pengguna sepeda dalam upaya menggerakkan masyarakat berolahraga sekaligus berpartisipasi dalam upaya pelestarian lingkungan.

"Kita berharap ide Bike To Work (bersepeda ke tempat kerja) ini akan mengurangi kendaraan bermotor, mengurangi karbon monoksida, kemudian juga akan mengurangi titik kemacetan di Kota Bandung," kata Ricky di RSI Kota Bandung di Jalan Sumbawa.

Guna mendukung kegiatan bersepeda, ia mengatakan, Dinas Perhubungan akan menyiapkan jalur sepeda sepanjang 15 kilometer pada tahun 2021.

"Tujuh titik sepanjang 15 kilometer dengan anggaran Rp2,2 miliar di tahun anggaran 2021. Insya Allah ini akan menambah jalur sepeda, sehingga memberikan kemudahan bagi penggemar sepeda," kata Ricky.

Dinas Perhubungan, menurut dia, juga akan mengampanyekan gerakan bersepeda ke sekolah guna mengurangi penggunaan kendaraan bermotor yang gas buangnya mencemari udara.

"Setiap minggu kita edukasi dengan bersepeda dengan selamat. Kami dibantu komunitas sepeda setiap bulan dan minggu. Mudah-mudahan bisa buat efek terbaik," katanya.

Selain di Kota Bandung, RSI ada di Kota Semarang dan Jakarta.

Menurut Ketua Bike2Work Indonesia Poetoet Soedarjanto, RSI merupakan wadah bagi upaya untuk menggerakkan masyarakat bersepeda, mengurangi kemacetan lalu lintas, dan pencemaran udara.

"Ini supaya menjadi wadah berkumpulnya teman-teman penggiat sepeda, apapun klubnya, komunitasnya, untuk merancang, menggali ide, mengajak masyarakat untuk menggunakan sepeda sebagai alat transportasi sehari-hari," kata Poetoet.

"Permasalahan polusi udara, kemacetan, kecelakaan tinggi, sama-sama bisa kita turunkan, sehingga kota ini bisa jauh lebih baik dari aspek lalu lintas jalan raya," ia menambahkan.

Baca juga:
Pemerintah Jakarta Selatan resmikan Rumah Sepeda Indonesia di Bintaro
​​​​​​​
Kementerian Perhubungan akan bantu pemda bangun jalur sepeda
 

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komunitas sepeda dan pejalan kaki sayangkan pembangunan jalur sepeda terhambat

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar