Lubuk Basung (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Agam, Sumatera Barat, mengatakan hasil uji cepat 94 dari 1.380 orang pengawas TPS Pilkada setempat dinyatakan reaktif.

"94 orang pengawas TPS itu dengan kelamin laki-laki 36 orang dan perempuan 58 orang," kata Ketua Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Agam, Elvys, di Lubukbasung, Minggu.

Ia mengatakan ke 94 orang pengawas TPS itu tersebar di Tanjungmutiara 12 orang, Lubukbasung 25 orang, Tanjungraya enam orang, Matur empat orang.
Sedangkan di Kecamatan Ampekkoto empat orang, Banuhampu delapan orang, Ampekangkek enam orang, Baso dua orang.

Baca juga: 19.125 petugas pemungutan suara di Sleman jalani "rapid test" COVID-19

Selain itu di Kecamatan Tilatangkamang lima orang, Palupuh satu orang, Palembayan lima orang, Sungaipua empat orang, Ampeknagari dua orang, Candung lima orang, Kamangmagek satu orang dan Malalak lima orang.

Ia menambahkan, 94 pengawas TPS itu melakukan isolasi mandiri di rumah mereka menjelang pelaksanaan rapid test lanjutan pada Rabu (2/12). Apabila mereka masih reaktif, maka akan dilakukan pergantian antar waktu.

Baca juga: Jelang Pilkada Karawang, 40.059 petugas KPPS akan dites cepat COVID-19

"PAW itu dilakukan dalam mencegah penyebaran Covid-19. Seluruh pangawas TPS akan mengikuti bimbingan teknis di setiap Pengawas Kecamatan menjelang pemilihan pada 9 Desember 2020," katanya.

Sebelumnya, 1.380 orang pengawas TPS mengikuti rapid test serentak dilima Pusekesmas di daerah itu, Sabtu (28/11). Pelaksanaan rapid test itu dilakukan di Puskesmas Lubukbasung, Puskesmas Koto Alam, Puskesmas Matur, Puskesmas Pakan Kamih dan Puskesmas Biaro.

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2020