Liga Italia

Taklukkan Fiorentina, Milan kini unggul lima poin di pucuk klasemen

Taklukkan Fiorentina, Milan kini unggul lima poin di pucuk klasemen

Para pemain AC Milan merayakan gol yang dicetak Alessio Romagnoli pada pertandingan Liga Italia melawan Fiorentina yang dimainkan di Stadion Giuseppe Meazza, Milan, Minggu (29/11/2020). ANTARA/AFP/TIZIANA FABI.

Jakarta (ANTARA) - AC Milan menaklukkan tamunya Fiorentina dengan skor 2-0 pada Minggu untuk membawa Rossoneri unggul lima poin di pucuk klasemen liga dari tim rival sekota Inter Milan.

Kedua gol penentu kemenangan Milan pada pertandingan putaran kesembilan Liga Italia itu tercipta pada babak pertama. Alessio Romagnoli membuka keunggulan Milan melalui golnya pada menit ke-17, sebelum penalti Franck Kessie pada menit ke-27 membawa Milan memimpin dua gol, demikian catatan laman resmi Liga Italia.

Milan kini menguasai puncak klasemen dengan koleksi 23 poin, sedangkan Fiorentina tertahan di posisi ke-16 dengan delapan poin.

Baca juga: Udinese curi kemenangan 3-1 pada lawatan ke markas Lazio

Fiorentina sempat mengancam gawang Milan melalui serangkaian tendangan sudut, namun justru tuan rumah yang memecah kebuntuan saat Kessie meneruskan tendangan sudut ke arah Romagnoli yang tidak terkawal, untuk disambut dengan sundulan kepala.

Dusan Vlahovic hampir menyamakan kedudukan beberapa saat kemudian, saat ia berlari mengejar umpan terobosan Franck Ribery dan melepaskan tembakan dari sudut sempit yang dapat diantisipasi kiper Gianluigi Donnarumma.

Alexis Saelemaekers memaksa kiper Bartlomiej Dragowski melakukan penyelamatan. Namun Milan kemudian mendapat hadiah penalti akibat wasit menilai German Pezzella melanggar Saelemakers. Kessie yang bertindak sebagai algojo sukses menunaikan tugasnya.

Milan kembali mendapat hadiah penalti pada menit ke-40, ketika wasit menilai Martin Caceres melanggar The Hernandez di kotak terlarang. Kessie kembali menjadi eksekutor, namun kali ini kiper Dragowski mampu menahan sepakannya.

Baca juga: Gasperini merasa lini depannya kelelahan sehingga kalah dari Verona

Fiorentina berusaha sekuat tenaga untuk mengejar ketertinggalan pada babak kedua. Franck Ribery mengecoh Kessie untuk mengirimkan operan kepada Erick Pulgar, namun sang pemain Chile tergelincir pada momen krusial.

Mantan pemain Milan Giacomo Bonaventura masuk menggantikan Jose Callejon, namun justru Hakan Calhanoglu yang hampir mencetak gol ketiga Milan melalui sepakannya dari tepi kotak penalti yang masih melambung.

Fiorentina memasukkan mantan pemain Milan lainnya, Patrick Cutrone, dan ia hampir mencetak gol hiburan ketika gagal memaksimalkan umpan silang Pol Lirola.

Baca juga: Atalanta takluk dua gol tanpa balas dari tamunya Verona

Bologna menang tipis atas Crotone

Pada pertandingan lain yang dimainkan dalam waktu bersamaan, Bologna menang tipis 1-0 atas tamunya Crotone.

Itu merupakan clean sheet pertama Bologna sejak September 2019, dan gol semata wayang Roberto Soriano pada menit ke-45+3 sudah cukup untuk mengamankan tiga poin bagi Rossoblu.

Kemenangan tersebut mendongkrak Bologna naik ke posisi kesepuluh dengan 12 poin, sedangkan Crotone tetap berada di dasar klasemen dengan dua poin.

Baca juga: Minus Ronaldo, Juventus ditahan imbang 1-1 oleh Benevento
Baca juga: Lampaui catatan gol Maradona di Napoli, Dries Martens minta maaf


 

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar