BMKG waspadai potensi hujan lebat di sejumlah wilayah pada 30 November

BMKG waspadai potensi hujan lebat di sejumlah wilayah pada 30 November

Pegawai BMKG menunjukkan prakiraan cuaca pada sebuah bagan prakiraan cuaca di Kantor BMKG, Jakarta, Selasa (7/1/2020). (FOTO ANTARA/Katriana)

Berdasarkan data model numerik keluaran cuaca BMKG cuaca di sebagian Maluku, Maluku Utara (Malut), Papua dan Papua Barat berpotensi akan mengalami hujan sedang hingga lebat
Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mewaspadai potensi hujan lebat di sejumlah wilayah Indonesia pada Senin, 30 November 2020, meski secara umum diperkirakan berawan hingga berpotensi hujan ringan.

Berdasarkan data model numerik keluaran cuaca BMKG di Jakarta, Senin , cuaca di sebagian Maluku, Maluku Utara (Malut), Papua dan Papua Barat berpotensi akan mengalami hujan sedang hingga lebat.

Namun, wilayah Maluku dan Papua secara umum cerah berawan hingga berpotensi hujan ringan.

Kemudian, sebagian wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT) juga diperkirakan akan mengalami hujan sedang hingga lebat, meski sebagian lainnya dan Bali secara umum cerah berawan hingga berpotensi hujan ringan.

Pulau Sumatera secara umum juga diperkirakan cerah berawan hingga berpotensi hujan ringan. Namun, sebagian Aceh bagian selatan, Jambi dan Sumatera Selatan (Sumsel) berpotensi hujan sedang.

Selanjutnya, BMKG juga mewaspadai potensi hujan sedang hingga lebat di sebagian wilayah Jawa Barat (Jabar) bagian timur, Jawa Tengah (Jateng), Yogyakarta dan Jawa Timur (Jatim).

Meski demikian, Pulau Jawa secara umum diperkirakan akan cerah berawan hingga berpotensi hujan ringan.

Pulau Kalimantan juga secara umum diprediksi akan cerah berawan hingga berpotensi hujan ringan. Namun, sebagian wilayah Kalimantan Tengah (Kalteng), Kalimantan Timur (Kaltim) dan Kalimantan Utara (Kaltara) berpotensi hujan sedang.

Sementara itu, hujan sedang hingga lebat diprediksi akan terjadi di sebagian wilayah Sulawesi Utara (Sulut), Gorontalo, Sulawesi Tengah (Sulteng), Sulawesi Tenggara (Sultra) bagian utara dan Sulawesi Selatan (Sulsel), meski wilayah Sulawesi secara umum diperkirakan akan cerah berawan hingga berpotensi hujan ringan.

Untuk itu, BMKG mengimbau kepada masyarakat yang wilayahnya diprediksi akan mengalami hujan lebat untuk berhati-hati saat akan menjalankan aktivitas di luar rumah pada Senin ini.

Baca juga: Cuaca sejumlah wilayah Indonesia hari ini berawan-hujan lebat

Baca juga: Waspadai hujan disertai badai petir di Sumut

Baca juga: Hujan dan angin kencang diprakirakan terjadi di Jakarta

Pewarta: Katriana
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Kodim Kendari siapkan ratusan personel tanggap darurat bencana

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar