Layanan PN Jaksel kembali normal usai ditutup lima hari

Layanan PN Jaksel kembali normal usai ditutup lima hari

Hakim Suharno memimpin jalannya persidangan secara telekonferensi di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan sesuai dengan protokol kesehatan. (ANTARA/Laily Rahmawaty)

Jakarta (ANTARA) - Pengadilan Negeri Jakarta Selatan kembali membuka layanan persidangan maupun Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) secara normal pada Senin setelah diberlakukan penutupan layanan selama lima hari.

"Untuk mulai hari ini layanan berjalan normal kembali, mulai dari PTSP dan persidangan, tapi tetap kita perhatikan protokol kesehatan," kata Humas Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Suharno di Jakarta.

Pengadilan Negeri Jakarta Selatan melakukan penutupan sementara layanan selama lima hari mulai dari Senin (23/11) sampai Jumat (27/11).

Penutupan layanan dilakukan setelah PN Jakarta Selatan melakukan pelacakan dan pemeriksaan kepada seluruh pegawainya pada pertengahan November.

Pelacakan dan pemeriksaan ini dilakukan setelah sopir Kepala Pengadilan Negeri Jakarta Selatan dinyatakan positif COVID-19 dan meninggal dunia.

Selain sopir, Kepala Pengadilan Negeri Jakarta Selatan juga dinyatakan positif terpapar virus corona (COVID-19).

Baca juga: Kantor Lurah Pejaten Timur kembali dibuka
Baca juga: Kejari Jakpus optimalkan pelayanan via teknologi saat pandemi COVID-19


Pada Jumat (20/11) Pengadilan Negeri Jakarta Selatan langsung melakukan pemeriksaan uji usap kepada seluruh pegawainya dan membatasi layanan persidangan maupun PTSP.

"Jadi selama PN Jaksel ditutup tetap melayani secara terbatas untuk perkara ataupun surat-surat yang sifatnya mendesak," kata Suharno.

Kini, lanjut Suharno, layanan persidangan dan pengurusan surat pengadilan sudah dibuka secara normal dengan memperhatikan protokol kesehatan yang ketat.

Pengadilan Negeri Jakarta Selatan juga membentuk Satgas COVID-19 untuk meningkatkan kedisiplinan para pencari keadilan (masyarakat) maupun peserta sidang yang ada di pengadilan.

"Protokol kesehatan benar-benar kita terapkan ketat, pengunjung sidang kita minta duduk sesuai tempat duduk yang sudah ditentukan, ada juga Satgas COVID-19 yang akan bertugas," kata Suharno.

Sementara itu, perkembangan terakhir kondisi tiga ASN Pengadilan Negeri Jakarta Selatan yang terpapar COVID-19, menurut Suharno, sudah mulai membaik. "Termasuk Pak Kepala Pengadilan juga kondisinya membaik," kata Suharno.

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar