Menkeu: Semangat belajar anak Indonesia bantu negara atasi pandemi

Menkeu: Semangat belajar anak Indonesia bantu negara atasi pandemi

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam acara daring Kemenkeu Mengajar di Jakarta, Senin (30/11/2020). (ANTARA/AstridFaidlatulHabibah)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan anak-anak Indonesia dapat ikut berperan dalam membantu negara yang sedang mengalami tekanan akibat pandemi COVID-19 yaitu dengan belajar secara rajin di rumah masing-masing.

“Anak-anak yang belajar di rumah kalian tetap bisa membantu negara yang lagi susah ini. Bagaimana membantunya? Ya jadi anak-anak yang belajar. Itu saja sudah membantu,” katanya dalam acara daring Kemenkeu Mengajar di Jakarta, Senin.

Sri Mulyani menuturkan anak-anak Indonesia harus tetap bersemangat untuk belajar meskipun sekolah yang dilakukan saat ini hanya bisa melalui virtual karena adanya persoalan kesehatan akibat COVID-19.

Baca juga: Menkeu: Indikator ekonomi tak membaik saat libur panjang masa COVID-19

Ia mengatakan anak-anak Indonesia juga dapat mengeksplor hobinya di tengah waktu senggang mereka ketika telah menyelesaikan tugas sekolah seperti menulis, menyanyi, dan olahraga namun tetap harus memperhatikan protokol kesehatan.

Menurutnya, dengan anak-anak yang rajin belajar dan mengerjakan tugas sekolah akan sangat membantu orang tuanya dalam menghadapi situasi krisis ini yang harus bekerja dari rumah atau work from home (WFH).

“Ingat, orang tua kalian menjalani situasi yang tidak mudah sekarang. Mereka bekerja dari rumah dan menjaga kalian jadi kalian bantu orang tua kalian di rumah. Itu membantu sekali,” ujarnya.

Ia menegaskan meskipun pandemi menyebabkan sekolah tidak dapat dilakukan secara langsung namun pendidikan tetap menjadi instrumen penting dalam mencetak sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas.

Baca juga: Menkeu: Pendapatan negara turun, capai Rp1.276,9 triliun pada Oktober

“Kita memberikan pendidikan supaya kalian bisa menjadi orang-orang nanti yang kalau sudah besar bisa lebih pintar dari orang tua dan lebih pintar dari generasi sekarang sehingga Indonesia semakin maju,” tegasnya.

Ia mengingatkan agar anak-anak Indonesia tidak mudah berputus asa dan mengeluh terhadap segala tantangan yang ada sehingga dapat berimplikasi pada semakin kuatnya Indonesia dalam menghadapi pandemi.

“Kalau kalian kuat maka Indonesia bisa mengatasi COVID-19. Jangan mudah berputus asa, jangan sering mengeluh. Kalau kalian cepat mengeluh orang tua akan semakin susah juga,” katanya.

Tak hanya itu, Sri Mulyani berpesan agar anak-anak Indonesia wajib mematuhi protokol kesehatan yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dalam melakukan segala aktivitas sehari-hari.

“Kalau keluar ikuti protokol kesehatan. Itu membantu pemerintah. Di rumah tetap menjalankan kegiatan belajar, membantu orang tua, dan menjaga adik-adik. Saya harap kalian bisa menjadi anak-anak yang tetap semangat,” katanya.

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Budi Suyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Danai APBN & vaksinasi, Kemenkeu tawarkan ORI seri 019

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar