PKK Sunter Agung panen 40 kilogram sayuran

PKK Sunter Agung panen 40 kilogram sayuran

Ketua Tim Penggerak PKK Sunter Agung Titik Retno Nurchayati (kanan) dalam panen serentak dari Green House RW 05, Senin (30/11/2020) (ANTARA/HO/Humas Pemkot Jakarta Utara)

Ini bukti keseriusan kami
Jakarta (ANTARA) - Tim Penggerak PKK Kelurahan Sunter Agung, Tanjung Priok, Jakarta Utara memanen 40 kilogram sayuran dalam kegaitan panen serentak Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta secara daring, Senin.

Ketua Tim Penggerak PKK Sunter Agung, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Titik Retno Nurchayati menyatakan kebanggaannya bisa menjadi salah satu dari dari 53 peserta yang melakukan panen raya di Jakarta Utara.

"Ini bukti keseriusan kami untuk membangkitkan semangat masyarakat mendukung ketersediaan pangan di wilayah DKI Jakarta," kata Titik.

Sebanyak 40 kilogram sayur mayur berhasil dipanen dari Green House RW 05 dan RPTRA Sunter Muara. Green House RW 05 memanen bayam batik lima kilogram, sawi 10 kg, pakcoy 4,5 kg, samhong 3,5 kg dan sawi putih dua kilogram. Sementara untuk RPTRA Sunter Muara memanen bayam sebanyak 15 kg.

Baca juga: Rekind dukung program ketahanan pangan warga Jakarta

Titik menyatakan hasil panen tersebut sebagian dibagikan anggota PKK, juga dijual kepada warga sekitar. Hasil penjualan digunakan untuk membeli bibit dan pupuk tanaman untuk budidaya selanjutnya.

Sementara itu, Kasudin KPKP Jakarta Utara Unang Rusmanto mengatakan 53 peserta panen serentak tersebar di 6 kecamatan di antaranya PKK, RPTRA, kelompok tani, penggiat gang hijau dan kelompok pertanian dan perikanan binaan Sudin KPKP Jakarta Utara.

Unang menyatakan panen serentak tingkat DKI Jakarta bukan hanya dari sektor pertanian, melainkan perikanan dan peternakan. Beragam hasil panen akan dimanfaatkan untuk menjaga ketahanan pangan keluarga dan masyarakat.

"Beberapa kelompok binaan sudah mendistribusikan hasil panennya ke supermarket di wilayah Kecamatan Penjaringan," jelas Unang.

Baca juga: Warga Sunter Agung panen sayuran hidroponik

Pewarta: Fauzi
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar