Jakarta (ANTARA) - Pebalap cadangan asal Brazil Pietro Fittipaldi akan melakukan debutnya pada Formula 1 bersama Haas akhir pekan ini di Grand Prix Sakhir, Bahrain, sebagai pengganti bagi Romain Grosjean yang cedera, kata tim asal AS itu, Senin.

Pebalap Prancis Grosjean menderita luka bakar pada punggung tangannya dalam kecelakaan yang membuat mobilnya terbelah menjadi dua dalam Grand Prix Bahrain Minggu kemarin.

Pebalap berusia 34 tahun itu diperkirakan akan tetap di rumah sakit hingga Selasa. Tim tersebut mengatakan ia tidak mampu untuk berkompetisi.

Baca juga: Petugas medis F1 ungkap betapa tipis kesempatan selamatkan Grosjean
Baca juga: Grosjean ungkap halo menyelamatkannya dari kecelakaan maut di Bahrain


 

"Setelah diputuskan bahwa yang terbaik bagi Romain adalah melewatkan setidaknya satu balapan, pilihan untuk menempatkan Pietro ke dalam mobil cukup mudah," kata kepala tim Guenther Steiner dalam satu pernyataan yang dikutip Reuters.

"Ia familier dengan kami setelah berada di sekitar tim selama dua musim terakhir sebagai pebalap tes dan cadangan. Ini yang tepat untuk dilakukan dan ini jelas kesempatan yang baik bagi dua.

"Ia sudah sabar dan selalu siap untuk kesempatan ini dan sekarang sudah tiba. Itulah mengapa kami menginginkan dia berada di mobil dan saya yakin ia akan melakukan pekerjaan dengan baik."

Pebalap asal Brazil kelahiran Miami berusia 24 tahun itu adalah cucu dari juara dunia dua kali dan pemenang ganda Indianapolis 500 Emerson Fittipaldi.

Baca juga: Suatu 'keajaiban' Grosjean lolos dari kecelakaan maut di GP Bahrain
Baca juga: Grosjean, Magnussen tinggalkan Haas di akhir musim


Grand Prix Sakhir adalah balapan kedua terakhir musim ini, yang akan berakhir di Abu Dhabi sepekan kemudian. Haas berada di urutan kesembilan dari 10 tim pada klasemen dan belum mencetak satu angka pun sejak Grand Prix Eifel di Nuerburgring pada 11 Oktober.

Fittipaldi menyadari ini "bukan keadaan yang ideal" untuk debutnya tapi familier dengan prosedur operasi tim dari bekerja bersama mereka di tepi lintasan dan dalam simulator.

"Akan menyenangkan melakukan start pada Formula 1 pertama dalam karir saya - saya akan memberikan segalanya dan saya menanti untuk start pada latihan bebas Jumat di Bahrain," katanya.

Grosjean akan meninggalkan Haas yang menggunakan mesin Ferrari pada akhir musim ini bersama rekan setimnya asal Denmark Kevin Magnussen.

Mick Schumacher, putra dari juara dunia tujuh kali Michael dan pemimpin Formula 2 saat ini, diperkirakan akan bergabung untuk musim depan bersama Nikita Mazepin dari Rusia.

Kedua pebalap berada di Bahrain tapi akhir pekan depan akan menjadi penentuan gelar Formula 2.

Baca juga: Abu Dhabi kesempatan terakhir debut latihan Schumacher di F1
Baca juga: Hamilton, Vettel kritik purwarupa ban Pirelli untuk musim 2021

Pewarta: Fitri Supratiwi
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2020