Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Partai Era Masyarakat Sejahtera (Emas) Hasnaeni menyoroti tingginya angka pengangguran akibat pandemi COVID-19

Hasnaeni, dalam pernyataannya di Jakarta, Senin,  juga mengajak seluruh pihak untuk bersama-sama membantu pemerintah.

Ia mengingatkan bahwa saat ini penting bagi semua pihak, tidak terkecuali Partai Emas untuk bahu-membahu bersama pemerintah dalam mengatasi masalah pengangguran yang kian meningkat semasa wabah virus corona.

Baca juga: Partai Emas: Kompetensi santri harus terus ditingkatkan

Mengacu data Badan Pusat Statistik (BPS), tingkat pengangguran terbuka pada bulan Agustus 2020 mencapai 7,07 persen dengan jumlah penganggur sebanyak 8,98 juta orang.

Hasnaeni menyebutkan terdapat 29,12 juta orang penduduk usia kerja yang terdampak COVID-19, terdiri atas pengangguran karena COVID-19 sebesar 2,56 juta orang, bukan angkatan kerja karena COVID-19 sebesar 0,76 juta orang.

Sementara itu, tidak bekerja karena COVID-19 sebesar 1,77 juta orang dan penduduk yang bekerja dengan pengurangan jam kerja karena COVID-19 sebanyak 24, 03 juta orang.

Pemilik nama lengkap Mischa Hasnaeni Moein itu mengatakan bahwa Partai Emas senantiasa berusaha menciptakan peluang usaha atau bisnis bagi kader dan simpatisannya, sejalan dengan upaya pemerintah.

"Ini seiring dengan langkah pemerintah untuk memberikan pekerjaan bagi masyarakat maupun peluang untuk berbisnis dalam rangka mengatasi meningkatnya angka pengangguran semasa pandemi COVID-19," ujarnya.

Baca juga: Partai Emas siapkan sekolah "online" bagi masyarakat kurang mampu

Partai Emas sebelumnya telah mengeluarkan tujuh manfaat bagi masyarakat yang bergabung dalam partai tersebut, yakni jaminan masa depan, jaminan kesehatan, dan jaminan pendidikan, jaminan lapangan pekerjaan, terjamin hari tuanya, jaminan rumah tinggal, dan jaminan santunan kematian.

"Kami akan terus membantu masyarakat untuk menghadirkan lapangan pekerjaan. Kami akan prioritaskan setiap kader dan simpatisan Partai Emas untuk memperoleh pekerjaan," kata perempuan yang populer dengan julukan "Wanita Emas" itu.

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2020