Di Australia, pemulihan ekonomi sedang berlangsung dan data terbaru umumnya lebih baik dari yang diperkirakan
Sydney (ANTARA) - Sejumlah saham Australia ditutup lebih tinggi pada perdagangan Selasa dengan keuntungan meluas, menghentikan penurunan tiga hari berturut-turut saat bank sentral mempertahankan pengaturan kebijakan moneternya saat ini.

Pada penutupan pasar, indeks acuan S&P/ASX 200 melonjak 70,70 poin atau 1,09 persen menjadi 6.588,50 poin, sedangkan indeks All Ordinaries bertambah 70,10 poin atau 1,04 persen menjadi 6.812,20 poin.

Bank sentral Australia, Reserve Bank of Australia (RBA), mempertahankan suku bunga acuan negara itu pada level terendah bersejarah 0,1 persen pada Selasa dan menunjukkan bahwa ekonomi pulih lebih cepat dari yang diharapkan.

"Di Australia, pemulihan ekonomi sedang berlangsung dan data terbaru umumnya lebih baik dari yang diperkirakan," kata Gubernur RBA Philip Lowe dalam sebuah pernyataan.

Keuntungan terjadi di semua sektor di bursa lokal, dengan teknologi informasi, material, dan consumer discretionary memimpin kenaikan.

Di bidang keuangan, bank-bank besar terangkat dengan Commonwealth Bank naik 1,49 persen, National Australia Bank naik 0,66 persen, Westpac Bank naik 0,75 persen dan ANZ naik 1,06 persen.

Saham-saham pertambangan melonjak dengan BHP naik 1,29 persen, Rio Tinto naik 1,53 persen, Fortescue Metals naik 0,55 persen dan penambang emas Newcrest naik 3,34 persen.

Produsen-produsen minyak dan gas beragam dengan Oil Search naik 0,82 persen, Santos naik 0,81 persen dan Woodside Petroleum turun 0,76 persen.

Supermarket terbesar Australia menguat dengan Coles naik 1,51 persen dan Woolworths naik 1,81 persen.

Sementara raksasa telekomunikasi Telstra terangkat 0,33 persen, maskapai penerbangan nasional Qantas melonjak 1,67 persen dan perusahaan biomedis CSL bertambah 0,80 persen.

Baca juga: Saham Australia berakhir turun karena ketegangan dengan China
Baca juga: Saham Australia dibuka menguat terangkat reli sektor teknologi

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2020