Logistik pilkada ke Pulau Enggano diangkut kapal perang

Logistik pilkada ke Pulau Enggano diangkut kapal perang

Komisioner KPU Provinsi Bengkulu Darlinsyah saat diwawancarai terkait persiapan pelaksanaan Pilgub Bengkulu di Pilkada 2020. (Foto ANTARA/Carminanda).

Bengkulu (ANTARA) - Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bengkulu, Darlinsyah mengatakan logistik pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu untuk Pilkada 2020 ke Pulau Enggano diangkut menggunakan kapal perang.

"Pendistribusian logistik pilkada ke pulau terluar Indonesia termasuk Pulau Enggano, Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu dikoordinir langsung oleh TNI Angkatan Laut," katanya di Bengkulu, Selasa.

Baca juga: DKPP periksa lima komisioner KPU Provinsi Bengkulu terkait Agusrin

Baca juga: Pilkada Bengkulu diikuti dua pasangan calon


Menurutnya, hal itu dilakukan untuk memastikan agar semua kebutuhan pilkada seperti surat suara, kotak suara, dan logistik lainnya termasuk perlengkapan alat pelindung diri (APD) di pulau terluar tiba tepat waktu sehingga tidak menimbulkan persoalan pada hari pemilihan 9 Desember mendatang.

"Untuk surat suara di Pulau Enggano sudah dikoordinasikan dengan Pangkalan Angkatan Laut di Jakarta dan mereka akan membantu dalam pengiriman logistik itu menggunakan kapal perangnya," katanya lagi.

Kendati demikian Darlinsyah mengaku belum mengetahui secara pasti kapan logistik pilkada untuk Pulau Enggano itu akan diberangkatkan, namun ia memastikan seluruh kebutuhan pelaksanaan pemilihan akan tiba satu hari sebelum hari pencoblosan.

Selain itu, pengiriman logistik pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu untuk 10 kabupaten dan kota di Bengkulu tidak lagi melalui KPU Provinsi Bengkulu, melainkan langsung dikirim ke KPU daerah masing-masing.

"Jadi misalnya ada surat suara yang rusak itu bisa langsung kita ganti, sehingga pada H-1 itu semuanya sudah siap dan terdistribusi," demikian Darlinsyah.

Baca juga: Mian-Arie lawan kotak kosong di Pilbup Bengkulu Utara

Baca juga: DKPP minta penyelenggara pemilu jadikan integritas sebagai gaya hidup


 

Pewarta: Carminanda
Editor: Nurul Hayat
COPYRIGHT © ANTARA 2020

KPU Kota Palangka Raya distribusikan logistik Pilkada ke 622 TPS

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar