Jakarta (ANTARA) - Tak ada salahnya memanjakan diri Anda dengan membuat camilan lezat dan minuman nikmat agar bisa menjalani pekerjaan atau aktivitas lainnya di rumah dengan suasana hati ceria.

Chef Devina Hermawan berbagi resep membuat kukis rasa jahe serta minuman berbahan dasar alpukat yang dapat menjadi inspirasi untuk Anda yang ingin membuat camilan serta minuman ala kafe tanpa menjejakkan kaki ke luar rumah.

Berikut resep Soft Baked Ginger Cookies dan Avocado Cream Mousse, dikutip dari keterangan resmi Greenfields, Rabu.

Baca juga: Muffin apel untuk sarapan berprotein esok hari

Baca juga: Resep Chapaguri ala film "Parasite" dari Devina Hermawan 

Soft Baked Ginger Cookies

Bahan:
170 gr mentega
210 gr gula pasir
40 gr gula palem
45 gr madu
1 sdm air perasan jahe
1 butir telur
320 gr tepung terigu protein sedang
50 gr maizena
¼ sdt garam
1 sdt baking soda
½ sdt bubuk kayu manis
1-2 sdt bubuk jahe
50 gr almond slice

Cara:
Masukkan mentega, gula pasir ke dalam mangkuk dan aduk menggunakan mixer dengan kecepatan tinggi selama 1-2 menit. Masukkan telur dan air perasan jahe kemudian kocok dengan kecepatan tinggi, jika adonan sudah terlalu encer masukkan ke dalam kulkas atau freezer supaya mentega beku kembali kemudian kocok lagi.

Masukkan madu dan gula palem, aduk hingga tercampur rata. Tambahkan tepung terigu, maizena, baking soda, garam, bubuk kayu manis, bubuk cengkeh dan bubuk jahe yang sudah diayak lalu kocok sebentar hanya sampai adonan tercampur.

Siapkan loyang yang sudah diberi alas baking paper lalu ambil satu sendok adonan kemudian bulatkan dan letakkan di atasnya dan beri jarak antar adonan.

Pipihkan adonan menggunakan bawah gelas lalu beri topping almond slice di atasnya. Panggang dengan suhu 175°C selama 12 menit. Kukis siap disajikan atau disimpan dalam wadah tertutup setelah dingin.
 
Avocado Cream Mousse dari chef Devina Hermawan (HO/Greenfields)


Avocado Cream Mousse

Bahan:
3 buah alpukat ukuran sedang
250 ml Whipping Cream
100 ml susu
4 sdm gula pasir

Cara:
Blender sampai halus: alpukat, gula pasir, dan susu. Siapkan wadah. Tuang Whipping Cream dalam kondisi dingin ke dalamnya. Kocok dengan mixer sampai kaku. Sisihkan sedikit untuk topping.

Campurkan Whipping Cream dengan alpukat yang sudah dihaluskan ke dalam wadah. Aduk hingga merata sampai menjadi mousse.

Tuang mousse yang sudah tercampur secara merata ke dalam gelas saji. Lalu, masukkan ke dalam kulkas. Setelah dingin, keluarkan dari kulkas dan tambahkan Whipping Cream yang sudah disisihkan sebagai topping.

Baca juga: Resep membuat laksa ala Singapura

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020