Resmi jadi transgender, Ellen Page ganti nama jadi Elliot Page

Resmi jadi transgender, Ellen Page ganti nama jadi Elliot Page

Elliot Page tiba di pemutaran film "My Days of Mercy" di Toronto International Film Festival (TIFF), Toronto, Kanada,(15/9/2017). REUTERS (REUTERS/Mark Blinch)

Jakarta (ANTARA) - Aktris Ellen Page yang tenar lewat film "Juno" resmi mengumumkan bahwa dirinya adalah seorang transgender dan mengubah namanya jadi Elliot Page.

"Hai teman-teman, aku ingin mengabari kalian bahwa saya adalah seorang trans, sebutanku adalah 'he/they' dan namaku Elliot," tulisnya di sejumlah media sosial miliknya pada Selasa (1/12) malam.

Baca juga: Patricia Arquette bicara hak transgender dalam Emmy Awards

Baca juga: Emma Watson, Eddie Redmayne tanggapi tweet JK Rowling soal transgender

Elliot mengaku dia merasa beruntung bisa mengungkapkan jati dirinya dan merasa sangat bersyukur atas orang-orang yang senantiasa mendukungnya melalui perjalanannya dalam pencarian jati diri.

"Terima kasih atas keberanian, kemurahan hati dan upaya tiada henti kalian untuk membuat dunia ini lebih inklusif serta jadi tempat yang welas asih. Aku akan memberikan dukungan apa saja yang bisa kuberi dan lanjut berjuang untuk masyarakat yang lebih penyayang dan setara," kata pemeran Kitty Pryde dalam "X-Men" tersebut.

Aktris 33 tahun itu juga berbicara tentang ketakutannya untuk keluar dan menyoroti kesulitan yang dihadapi oleh orang-orang yang kurang beruntung yang telah melakukan hal yang sama.

"Aku juga meminta kesabaran. Kegembiraanku nyata, tetapi juga rapuh. Sebenarnya, meski merasa sangat bahagia saat ini dan mengetahui betapa besar hak istimewa yang kupunya, aku juga takut. Aku takut dengan invasi, kebencian, 'lelucon' dan kekerasan," kata dia.

"Statistiknya mengejutkan. Diskriminasi terhadap kaum trans sangat marak, berbahaya dan kejam, yang mengakibatkan konsekuensi yang mengerikan. Pada tahun 2020 saja telah dilaporkan bahwa setidaknya 40 transgender telah dibunuh, sebagian besar adalah perempuan transgender kulit hitam dan Latin. ”

Page juga mengecam keras prasangka budaya dan institusional terhadap orang-orang trans, dengan mengatakan mereka yang memiliki posisi kekuasaan atau pengaruh yang menggunakan platform mereka untuk "memuntahkan permusuhan".

"Kepada para pemimpin politik yang bekerja untuk mengkriminalisasi perawatan kesehatan trans dan menolak hak kami untuk hidup dan kepada semua orang yang memiliki platform besar yang terus memuntahkan permusuhan terhadap komunitas trans: Tangan kalian berlumuran darah. Kalian membuat kemarahan keji dan merendahkan yang mendarat di pundak komunitas trans, sebuah komunitas di mana 40 persen orang dewasa trans melaporkan mencoba bunuh diri. Sudah cukup.. Anda menyakiti orang. Aku salah satunya dan kami tidak akan diam menghadapi serangan kalian."

Page menyimpulkan: "Aku suka bahwa aku trans. Dan aku suka bahwa aku aneh. Dan semakin aku menahan diri dan sepenuhnya merangkul siapa aku, semakin aku bermimpi, semakin besar hatiku dan semakin aku berkembang. Kepada semua transgender yang menghadapi pelecehan, kebencian pada diri sendiri, pelecehan, dan ancaman kekerasan setiap hari: Aku melihat kalian, aku mencintai kalian, dan aku akan melakukan semua yang kubisa untuk mengubah dunia ini menjadi lebih baik."

Page menggebrak dunia film Hollywood lewat terobosannya pada film thriller 2005 "Hard Candy" sebelum menemukan pengakuan internasional di "Juno", komedi hit tentang seorang gadis remaja yang memutuskan untuk melanjutkan kehamilannya yang tidak diinginkan dan menemukan orang tua angkat untuk anaknya yang belum lahir.

Page memenangkan nominasi Oscar untuk penampilannya dalam film "Juno" yang skripnya ditulis Diablo Cody dan disutradarai oleh Jason Reitman itu.

Film kunci lainnya termasuk karya Christopher Nolan "Inception", film besutan Drew Barrymore "Whip It" dan peran berulang sebagai Kitty Pryde dalam seri "X-Men". Baru-baru ini, Page memainkan Vanya Hargreeves dalam serial Netflix "The Umbrella Academy".

Pada hari Selasa, Netflix mengonfirmasi bahwa karakter tersebut tidak akan mengubah jenis kelamin di episode mendatang, dan bahwa mereka sedang dalam proses memperbarui kredit dan metadata katalog belakang Page dari film yang diputar di layanan streaming.

Page mengaku sebagai gay dalam pidatonya di Hari Valentine 2014 dan dua tahun kemudian menuduh bahwa pembuat film Brett Ratner telah mengeluarkannya di luar kehendaknya pada usia 18 tahun di set "X-Men: The Last Stand" - sebuah tuduhan yang dikuatkan oleh pemain lain yakni Anna Paquin, yang hadir saat itu.

Page telah menjadi pendukung vokal untuk hak-hak LGBT selama dekade terakhir dan pada Januari 2018 menikah dengan penari dan koreografer Emma Portner.

Nick Adams, Direktur Media Transgender GLAAD, berkata "Elliot Page telah memberi kami karakter yang fantastis di layar, dan telah menjadi pendukung vokal bagi semua orang LGBTQ. Dia sekarang akan menjadi inspirasi bagi banyak orang trans dan non-biner. Semua transgender berhak mendapatkan kesempatan untuk menjadi diri kita sendiri dan diterima apa adanya. Kami merayakan Elliot Page yang luar biasa hari ini."

Baca juga: Aktris Ellen Page mengaku lesbian

Penerjemah: Ida Nurcahyani
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar