Jakarta (ANTARA) - Netflix akan membuat versi Korea dari serial action-thriller berbahasa Spanyol "Money Heist" ("La Casa de Papel"), kolaborasi antara BH Entertainment dan Contents Zium.

Dilansir Variety, Rabu, adaptasi Korea dari "Money Heist" akan disutradarai oleh Kim Hong-sun, yang telah memimpin drama TV seperti "The Guest", "Voice", dan "Black".

Ryu Yong-jae dan timnya, yang kreditnya termasuk serial asli Netflix "My Holo Love" dan serial TVN "Psychopath Diary", ditetapkan sebagai penulis skenario untuk acara yang terdiri dari 12 episode tersebut.

Beberapa detail lainnya seperti tanggal produksi atau casting telah diungkapkan.

"Kreator di Korea telah mengembangkan bahasa dan budaya audiovisual mereka sendiri selama bertahun-tahun. Mereka telah berhasil, seperti serial kami, melampaui batas budaya dan menjadi titik rujukan bagi ribuan penonton di seluruh dunia, terutama di kalangan anak muda," kata Alex Pina, pencipta dan produser eksekutif "La Casa de Papel."

"Itulah mengapa saya merasa bahwa dunia 'La Casa de Papel' sangat menarik bagi kreator Korea untuk melakukan adaptasi. Fakta bahwa aksi berlatar di Semenanjung Korea juga bagi saya merupakan pencapaian yang sangat saya sukai," imbuhnya.

Serial asli berbahasa Spanyol itu ditayangkan perdana pada tahun 2017. Musim kelima dan terakhir sekarang dalam produksi.

Netflix mengatakan bahwa lebih dari 65 juta pelanggannya menonton bagian dari musim keempat dalam empat minggu setelah dirilis pada April 2020.

"Popularitas internasional dari serial Spanyol 'La Casa de Papel' adalah bukti bahwa karya penting yang didasarkan pada budaya dan bahasa yang berbeda dapat didistribusikan secara luas oleh Netflix dan dicintai oleh penonton di seluruh dunia," kata Netflix dalam sebuah pernyataan.

Baca juga: Kolaborasi Free Fire dan Money Heist hadir akhir pekan ini

Penerjemah: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020