KAI Madiun operasikan empat KA saat libur Natal dan Tahun Baru

KAI Madiun operasikan empat KA saat libur Natal dan Tahun Baru

Ilustrasi - Penumpang KA di Stasiun Madiun bersiap menaiki kereta api. (Antara Jatim/HO-Humas Daop Madiun/Lr)

Kereta yang dioperasikan Daop Madiun adalah KA Brantas relasi Blitar–Pasarsenen, KA Kahuripan relasi Blitar–Kiaracondong, KA Singasari relasi Blitar-Pasarsenen Jakarta, dan KA Anjasmoro relasi Jombang-Pasarsenen Jakarta.
Madiun (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi (Daop) 7 Madiun, Jawa Timur, mengoperasikan empat kereta api (KA) selama libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

"KAI Daop 7 Madiun mengoperasikan empat KA pada Desember 2020 untuk melayani penumpang saat libur Natal dan Tahun Baru," ujar Manajer Humas PT KAI Daop 7 Madiun Ixfan Hendriwintoko di Madiun, Rabu.

Kereta yang dioperasikan Daop Madiun adalah KA Brantas relasi Blitar–Pasarsenen, KA Kahuripan relasi Blitar–Kiaracondong, KA Singasari relasi Blitar-Pasarsenen Jakarta, dan KA Anjasmoro relasi Jombang-Pasarsenen Jakarta.

Baca juga: KAI Jember operasikan delapan KA saat libur Natal dan Tahun Baru

Ixfan menjelaskan dari empat KA tersebut, ada dua KA yang beroperasi pada hari-hari tertentu yakni KA Singasari yang berangkat dari Blitar dan KA Anjasmoro keberangkatan Stasiun Jombang, keduanya tujuan Pasarsenen Jakarta.

Selain empat KA dengan keberangkatan wilayah Daop 7 Madiun, juga terdapat beberapa KA yang melintas di wilayah Daop 7 Madiun guna melayani liburan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021. Yaitu KA Bima, Gajayana, Argo Wilis, Turangga, Malabar, Jayakarta, dan Matarmaja.

Ixfan menjelaskan untuk pengoperasian KA tersebut akan tetap mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah seperti mewajibkan para penumpang menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan di tempat yang disediakan ataupun menggunakan penyanitasi tangan.

Baca juga: KAI Yogyakarta: KA tambahan akhir tahun sesuai kebutuhan masyarakat

Selain itu, penumpang KA jarak jauh juga diwajibkan menunjukkan dokumen kesehatan berupa tes cepat atau surat bebas gejala influenza, serta menggunakan "face shield" selama berada di atas KA hingga tiba di tujuan.

"KAI secara konsisten menerapkan protokol kesehatan yang ketat bertujuan untuk menjadikan kereta api sebagai moda transportasi yang aman, nyaman, selamat, dan seluruh penumpangnya sehat sampai di tujuan," ujarnya.

KAI Daop 7 Madiun telah membuka layanan pemesanan tiket KA libur Natal dan tahun baru. Bagi para calon penumpang dapat melakukan pemesanan secara daring yang bisa dipesan H-30 keberangkatan untuk KA jarak jauh dan H-14 untuk KA lokal melalui aplikasi KAI Access ataupun website resmi kai.id, serta mitra eksternal yang telah bekerja sama dengan KAI.

"Bila antusiasme masyarakat untuk menggunakan KA tinggi pada periode libur Natal dan tahun baru, maka KAI akan mengoperasikan kembali beberapa KA reguler untuk mengakomodasi hal itu," kata Ixfan.

Sampai dengan saat ini KAI tetap berkomitmen menjual tiket KA jarak jauh dan lokal hanya 70 persen dari kapasitas tempat duduk yang disediakan. Hal itu agar penerapan "physical distancing" atau jaga jarak tetap terjaga sebagai upaya mendukung pemerintah tentang pencegahan penyebaran COVID-19.

Pewarta: Louis Rika Stevani
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Jalur ganda siap beroperasi, terjadi efisiensi dan penambahan jadwal kereta

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar