Jakarta (ANTARA) - George Russell dimandati oleh tim Mercedes menggantikan Lewis Hamilton, yang sedang terjangkit COVID-19, di Grand Prix Sakhir, Bahrain, akhir pekan ini.

Mercedes telah membuka pembicaraan dengan Williams untuk meminjam pebalap muda asal Inggris itu, yang selama ini mendapat dukungan tim Silver Arrow dalam karirnya, untuk berlaga di balapan kedua di Bahrain sementara Hamilton masih harus menjalani isolasi.

Setelah mendapat persetujuan dari Williams, Russell akan menjadi tandem Valtteri Bottas di balapan penultima musim ini.

Sementara itu pebalap cadangan Williams, Jack Aitken akan menggantikan peran Russell di Williams, menjalani debutnya di F1 bersama Nicholas Latifi.

Baca juga: Lewis Hamilton positif terjangkit COVID-19

"Saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk menyampaikan banyak terima kasih untuk setiap orang di Williams atas dukungan mereka dalam memberi saya kesempatan yang luar biasa ini untuk membalap bersama Mercedes akhir pekan ini," kata Russell seperti dalam pesan video yang diunggah sosial media tim Williams, Rabu.

"Saya masih 100 persen pebalap Williams. Saya akan menggunakan kesempatan ini untuk belajar dari yang terbaik menjadi pebalap yang lebih baik, kembali ke Williams lebih kuat lagi dan bertarung sekuat tenaga untuk meraih poin dan untuk mendorong tim ini ke papan tengah... tujuan kami dalam jangka pendek.

Russell memiliki sejumlah pengalaman bersama Mercedes, menjalani enam hari tes bersama tim itu sejak 2017 dan tes paling terakhir di sesi tes pengujung musim tahun lalu di Abu Dhabi.

Baca juga: Jelang GP Bahrain, Hamilton desak F1 suarakan HAM

Dia menjalani debutnya di F1 tahun lalu bersama Williams dan dipandang sebagai calon bintang setelah tampil mengesankan dengan mobil yang kurang kompetitif tahun ini.

Russell belum pernah mencetak point sejauh ini, namun nyaris mengais poin setelah finis P11 satu kali dan P12 dua kali, juga ketika di Imola sebelum ia menabrak pagar pembatas ketika melaju di belakang Safety Car.

Di babak kualifikasi, Russell mengalahkan rekan satu timnya dalam 36 balapan dengan meraih posisi start lebih baik.

Mercedes melihat potensi Russell dan pernah mempertimbangkan untuk memberinya bangku membalap di tahun ini, namun Williams tidak ingin melepaskan sang pebalap yang masih terikat kontrak berdurasi tiga tahun itu.

"Kami telah berkerja keras untuk memastikan bahwa kesepakatan bisa dibuat dengan Mercedes untuk mengizinkan dia menggunakan kesempatan fantastis ini. George masih seorang pebalap Williams dan kami menantikan dia kembali dengan segar dari pengalaman ini dan mendoakan kesuksesannya di balapan akhir pekan ini," kata pelaksana tugas kepala tim Williams, Simon Roberts seperti dikutip laman resmi Formula 1.

Russel juga memiliki opsi untuk tetap membela Mercedes di seri pemungkas di Abu Dhabi jika Hamilton belum sembuh dan tidak bisa membalap.

Baca juga: Tepis spekulasi ke Mercedes, Russell tetap di Williams musim depan
Baca juga: Russell harap kepemilikan baru bawa Williams bangkit

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2020