Hal ini merupakan ketiga kalinya KKP menyerahkan arsip statis dalam kurun waktu lima tahun terakhir
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyerahkan puluhan arsip statis ke Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) guna mendukung reformasi birokrasi serta meningkatkan kualitas kearsipan di lingkup kementerian dan tingkat nasional.

"Mari kita jadikan KKP bukan hanya berarti Kementerian Kelautan dan Perikanan, tetapi juga KKP berarti Komitmen Kearsipan menjadi Prioritas," ujar Sekjen KKP Antam Novambar dalam acara penyerahan yang berlangsung di Gedung Mina Bahari (GMB) I, Jakarta, Rabu.

Baca juga: KKP raih dua penghargaan bidang layanan informasi berskala nasional

Ia memaparkan bahwa empat boks besar tersebut berisi arsip laporan penelitian dan pengembangan perikanan, serta arsip keputusan menteri sebanyak 47 berkas.

Hal ini merupakan ketiga kalinya KKP menyerahkan arsip statis dalam kurun waktu lima tahun terakhir.

Antam mendorong seluruh unit kerja lingkup KKP untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan kearsipan sesuai dengan prinsip, kaidah dan standar kearsipan.

"Banyak sekali dokumen yang dihasilkan KKP dan dokumen-dokumen itu bermanfaat untuk masa depan sektor kelautan dan perikanan Indonesia," katanya.

Ia mencontohkan seperti dokumen perencanaan pembangunan, batas wilayah dan pemanfaatan kepulauan, zona tangkapan dan sebaran ikan, peraturan-peraturan perikanan dan perizinan, serta dokumen mengenai kajian-kajian ilmiah.

Sekjen KKP menegaskan bhwa semua dokumen atau arsip-arsip tersebut merupakan informasi yang harus kita jaga, pelihara, dan selamatkan.

"Karena ini berguna bukan hanya untuk saat ini, tapi masa mendatang," ujar Antam.

Untuk meningkatkan kualitas kearsipan di lingkup KKP, Antam mengimbau seluruh pejabat kementeriannya untuk merencanakan program pengelolaan persuratan dan kearsipan.

Kemudian, lanjutnya, melakukan perencanaan SDM pengelola kearsipan, meliputi kebutuhan jumlah fungsional arsiparis, pengusulan peta jabatan dan e-formasi.

Deputi Bidang Konservasi Arsip Multi Siswati menilai penyerahan arsip statis ketiga kalinya ini menujukkan keseriusan dan kesadaran para pejabat maupun pegawai KKP mengenai pentingnya dunia kearsipan. Langkah ini sekaligus untuk menyelamatkan warisan dokumenter sektor kelautan dan perikanan.

"Dengan diserahkannya arsip statis hari ini berarti kita telah mewariskan informasi yang sangat berharga, khususnya arsip tentang sejarah sektor kelautan dan perikanan Indonesia sebagai bahan renungan dan pembelajaran bagi generasi mendatang," ujar Multi.

Baca juga: Lulusan sekolah perikanan diminta ciptakan lapangan kerja
Baca juga: Pandemi, KKP: Pemasaran digital penting bagi UMKM perikanan

Pewarta: M Razi Rahman
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2020