Adaro Metcoal Companies bangun bendungan sarana air bersih lima desa

Adaro Metcoal Companies bangun bendungan sarana air bersih lima desa

External Relation Departement Head AMC Ignatius Iryanto saat menghadiri serah terima sarana air bersih di Murung Raya. (Antara/Istimewa)

Tanjung (ANTARA) - Adaro Metcoal Companies (AMC) membangun bendungan fasilitas penampungan air bersih untuk warga di lima desa di Kabupaten Murung Raya.

External Relation Departement Head AMC Ignatius Iryanto di Tabalong, Kalimantan Selatan, Rabu mengatakan, pembangunan bendungan tersebut berada di Desa Batu Tojah.

Selain bendungan, AMC juga membangun pipanisasi guna mengaliri air untuk masyarakat di lima desa di Kabupaten Murung Raya tersebut.

Fasilitas air bersih ini, tambah dia, merupakan program AMC dalam penguatan bidang kesehatan dalam mendukung program pemerintah berupa penerapan pola hidup bersih dan sehat (PHBS).

"Program ini dijalankan setelah dilakukan survei lapangan dan disesuaikan berdasarkan kebutuhan masyarakat setempat" ungkap Ignatius.

Pekerjaan ini mulai dilaksanakan pada penghujung 2019 dan baru diserahterimakan pada 30 November 2020, dikarenakan banyak tantangan yang dihadapi.

Tantangan tersebut, mulai dari medan yang relatif berat serta panjang jaringan pipa utama yang mencapai hingga 13,5 kilometer.

"Selanjutnya, saya sangat berharap, kerja sama lima desa untuk menjamin keberlanjutan suplai air dengan merawat dan memelihara fasilitas air bersih ini secara kolaboratif," tutur Ignatius saat memberikan sambutan pada acara serah terima bantuan.

Dia mengatakan, selain kerja sama, juga diperlukan semangat kebersamaan, menghindari egoisme desa maupun pribadi, sehingga diharapkan air bersih dapat dinikmati seluruh warga masyarakat.

Acara serah terima tersebut, dilakukan pihak AMC kepada para kepala desa masing - masing dengan disaksikan unsur Muspica Barito Tuhup Raya yang diwakili Sekretaris Camat Batura, Indah Pariannoor serta Babinsa dan Bhabinkantibmas sebagai perwakilan dari Koramil dan Pospol Batura serta para kepala desa setempat.

Sekretaris Camat Batura mengucapkan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pihak AMC dan dia berpesan kepada para kepala desa bahwa sarana air bersih ini dikelola dengan baik.

"Ke depannya peraturan desa perlu dibuat sebagai payung hukum pengelolaan air bersih serta dana sharing antardesa," tandas Sekcam Batura Indah Pariannoor.

Ia juga menyampaikan hal teknis yang belum terselesaikan bisa dituntaskan oleh lima desa secara bersama-sama dengan prinsip kolaboratif dan meminta pihak AMC tetap melakukan pendampingan secara teknis.

Selain membantu sarana air bersih, AMC juga aktif membantu upaya pencegahan penularan pandemi COVID-19 yang mewabah hingga saat ini melalui program CSR.

 

Pewarta: Ulul Maskuriah/Herlina Lasmianti
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Ke Swiss, Menlu sampaikan ketertarikan Indonesia gabung COVAX AMC

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar