PMI mobilisasi relawan bantu penanganan bencana erupsi Gunung Semeru

PMI mobilisasi relawan bantu penanganan bencana erupsi Gunung Semeru

Personel PMI saat disiagakan untuk membantu penanganan erupsi Gunung Merapi di Jawa Tengah. (ANTARA/HO/Humas PMI Pusat)

Setiap relawan yang dimobilisasi sudah diberikan petunjuk menjalankan tugas
Sukabumi, Jabar (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) memobilisasi personelnya setelah peristiwa meletusnya Gunung Semeru, Jawa Timur untuk membantu pemerintah setempat dalam menanggulangi bencana tersebut.

"Personel PMI yang diturunkan bersamaan dari Kabupaten Malang dan Lumajang, Jatim. Setiap relawan yang dimobilisasi sudah diberikan petunjuk untuk menjalankan tugasnya masing-masing," kata Sekretaris Jendral PMI Pusat Sudirman Said melalui sambungan telepon, Rabu.

Menurut dia dari informasi yang diterima material letusan Gunung Semeru tersebut berdampak ke dua kabupaten yakni Kabupaten Malang dan Lumajang.

Maka dari itu, untuk meminimalkan dampak bencana tersebut personel PMI yang diterjunkan diinstruksikan segera melakukan berbagai tindakan.

Mulai dari mengevakuasi warga yang berada di radius letusan dan melakukan assessment untuk mengetahui kebutuhan darurat apa saja yang harus diprioritaskan.

Baca juga: Cegah COVID-19, PMI disinfeksi pengungsian Gunung Ili

Baca juga: PMI kirim personel dan bantuan ke wilayah terdampak erupsi Gunung Ili


Selain itu, Markas PMI Pusat pun sudah menyiapkan berbagai logistik bantuan dalam penanganan bencana meletusnya Gunung Semeru tersebut. Kemudian lembaga kemanusiaan terbesar di Indonesia tersebut juga mempersiapkan alat pelindung diri (APD) seperti masker, face shield dan lainnya.

"Kami juga mengimbau kepada relawan yang sedang bertugas untuk tetap memperhatikan dan menerapkan protokol kesehatan saat memberikan pelayanan kepada warga yang terdampak bencana," tambahnya.

Di sisi lain, Sudirman mengatakan ada tiga lokasi erupsi gunung yakni Gunung Merapi di Jateng, Gunung Ile Lewotolok di NTT dan terbaru Gunung Semeru di Jatim.

Di seluruh lokasi bencana erupsi tersebut PMI sudah menyiagakan personelnya untuk memberikan berbagai pelayanan serta sudah menyalurkan berbagai bantuan dasar untuk para korban maupun personel yang sedang bertugas.

Ia pun mengimbau kepada seluruh personel untuk selalu berkoordinasi dengan instansi terkait dan memantau setiap perkembangan kejadian gunung meletus tersebut. Jangan sampai relawan PMI malah ikut menjadi korban saat memberikan bantuan. 

Baca juga: PMI fokus antisipasi penyebaran COVID-19 di pengungsian bencana alam

Baca juga: PMI gandeng masyarakat dalam cegah dan tangani potensi bencana

 

Pewarta: Aditia Aulia Rohman
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2020

PMI Jember normalisasi sumur warga pascabanjir

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar