Jakarta (ANTARA News) - Pengamat ekonomi, Ryan Kiryanto, memproyeksikan respon pasar akan sepenuhnya positif menerima Menteri Keuangan (Menkeu) baru yakni Agus Martowardojo.

"Reaksi pasar saya perkirakan akan positif besok setelah penunjukkan Agus Martowardojo sebagai Menkeu," kata Ryan Kiryanto di Jakarta, Rabu.

Economist BNI itu mengatakan, sosok Agus Martowardojo sampai sejauh ini dikenal sebagai orang yang dekat dengan dunia usaha sehingga termasuk populer di kalangan investor dan pasar keuangan.

Kepopuleran itu ditunjang dengan pengalamannya sebagai banker yang setiap saat selalu berkomunikasi dan berinteraksi dengan dunia usaha atau sektor riil saat masih menjabat sebagai Dirut Bank Mandiri.

"Ini akan memperkaya proses pengambilan kebijakan dari sisi fiskal," katanya.

Ryan juga menilai penunjukkan Agus Martowardojo sebagai pengganti Sri Mulyani merupakan keputusan terbaik.

Menurut dia, semua pihak jangan melihat ke arah sosok Menkeu-nya saja tetapi pada paket alias duet pimpinan teratas Kementerian Keuangan yang baru saja diputuskan Presiden yakni antara Agus Martowardoyo sebagai Menkeu dan Ani Ratnawati (mantan Dirjen Anggaran) sebagai Wakil Menkeu.

"Jangan hanya dilihat sosok Menkeu-nya tetapi lebih pada duet ini, saya yakin pasar akan memberikan reaksi yang baik besok," katanya.

Ia berpendapat, duet tersebut dari sisi regulasi akan mampu melanjutkan proses kesinambungan kebijakan yang dibuat Menkeu sebelumnya.

"Reformasi dan kebijakan yang dilakukan Sri Mulyani akan terus berlanjut," demikian Ryan Kiryanto.(*)

(T.H016/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010