Bina Marga Jakarta Pusat perbaiki jalan di 36 titik

Bina Marga Jakarta Pusat perbaiki jalan di 36 titik

Ilustrasi perbaikan jalan oleh Satuan Tugas Pasukan Kuning di Jakarta Pusat. (ANTARA/Livia Kristianti)

Jadi, memang kita juga perbaiki atas permintaan masyarakat
Jakarta (ANTARA) - Kepala Suku Dinas Bina Marga Jakarta Pusat Rakim Sastranegara mengatakan saat ini pihaknya telah memperbaiki 36 titik jalan untuk mengantisipasi genangan di musim penghujan, lewat program bernama "Gerebek Perbaikan Jalan".

"Dari 36 titik jalan yang sudah diperbaiki ini, kita mendapatkan luasan jalan yang diperbaiki sebesar 9.200 meter persegi," ujar Rakim saat ditemui dikonfirmasi, di Jakarta, Jumat.

Rakim menyebutkan programnya itu sudah dikerjakan sejak November 2020 dan ditargetkan rampung pada pertengahan Desember 2020.

Jalan- jalan yang diperbaiki oleh Suku Dinas Bina Marga Jakarta Pusat rata-rata memiliki perubahan kemiringan sehingga perlu diperbaiki dari segi elevasinya.

Baca juga: Jakarta Pusat perbaiki 826 mulut dan tali air antisipasi banjir

Selain dari segi kemiringan, perbaikan jalan yang dikerjakan juga berdasar permintaan masyarakat terkait adanya jalan yang retak atau pun berlubang.

"Jadi, memang kita juga perbaiki atas permintaan masyarakat. Kita kerahkan langsung pegawai kita dari satuan tugas pasukan kuning," ujar Rakim.

Perbaikan jalan yang dilakukan oleh Satgas Pasukan Kuning Suku Dinas Bina Marga Jakarta Pusat itu rata-rata menggunakan material aspal hotmix.

Dalam Rapat Koordinasi Penanganan Banjir, Selasa (1/12), Rakim mengatakan program 'Gerebek Perbaikan Jalan' milik Sudin Bina Marga Jakarta Pusat termasuk sebagai salah satu upaya Bina Marga mencegah terjadinya genangan.

Rakim belum merinci berapa anggaran yang diperlukan untuk program tersebut.

Baca juga: Bina Marga Jakpus catat 13 titik kerusakan fasilitas akibat kericuhan
Baca juga: Jakpus cek saluran air setelah ada genangan di dekat TPU Karet Bivak


Beberapa upaya lainnya yang dilakukan Pemerintah Kota Jakarta Pusat untuk menghadapi musim penghujan di antaranya melakukan Program Gerebek Lumpur yang digawangi oleh Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Pusat dan melakukan simulasi penanganan banjir di Kampung Tangguh RW 005 Karet Tengsin.

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Upaya tangani banjir hingga relokasi warga Pekalongan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar