“Tentu hasil ini sangat membanggakan, karena FK Uhamka baru berusia dua tahun telah berhasil meraih akreditasi B,"...
Jakarta (ANTARA) - Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia (LAM PT-Kes) memberikan Akreditasi B untuk Program Studi Sarjana Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Prof DR Hamka (Uhamka) Jakarta.


“Tentu hasil ini sangat membanggakan, karena FK Uhamka baru berusia dua tahun telah berhasil meraih akreditasi B. Tentu saja ini juga menjadi hal yang sangat disyukuri seluruh seluruh civitas akademika FK Uhamka,” ujar Dekan FK Uhamka, Dr dr Wawang S Sukarya, SpOG (K) MARS MHKes dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.


Ia menjelaskan proses akreditasi berjalan secara daring, selama dua hari, yakni 4-5 November 2020 dengan penilaian oleh tiga assesor dari pelbagai institusi Fakultas Kedokteran di Indonesia. Mereka adalah dr Ahmad Rizal SpS (K)PhD dari FK Universitas Padjadjaran Bandung, dr Agussalim Bukhari, SpGK (K) MMed PhD dari Universitas Hasanuddin Makassar dan Dr dr Abdullah SpPD-KGH, FINASIM dari Universitas Syiah Kuala Banda Aceh.


Selain tanya jawab, proses akreditasi juga dilengkapi pengecekan borang dan dokumen kepada tim satuan tugas yang bertanggung jawab terhadap kelengkapan berkas-berkas dalam kegiatan itu.

Baca juga: FK Uhamka digandeng KSP lakukan tes usap pegawai
Baca juga: Pengunjung Indonesia Science Day bisa coba instrumen pencitraan otak


“Alhamdulilah, penilaian dari para assesor dalam kegiatan akreditasi sudah diterima kurun waktu kurang sebulan dan mendapat hasil sesuai yang diharapkan. Nilai ini berlaku selama satu tahun dan sebelum waktunya berakhir, maka akan dinilai kembali melalui proses akreditasi secara luring,” tambah dia.


Dia menjelaskan akibat pandemi COVID-19, sehingga proses akreditasi pada Fakultas Kedokteran di seluruh Indonesia dilakukan melalui proses daring. Ia berharap pandemi segera berakhir dan proses akreditasi bisa dilakukan tatap muka dan pengecekan lapangan. FK Uhamka sendiri memiliki kelengkapan sarana dan prasarana yang serba baru, termasuk gedung perkuliahan, laboratorium dan fasilitas pendukung.


Capaian akreditasi itu bisa diraih karena seluruh SDM bekerja sama secara kompak dan solid untuk mengimplementasikan standar pendidikan yang telah ditetapkan secara nasional. FK Uhamka juga secara konsisten semaksimal mungkin mencapai tujuan yang telah ditetapkan dalam misi FK yang mengacu visi misi Universitas.


“Yakni melaksanakan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat yang ditetapkan dalam renstra, plus misi kerjasama dalam dan luar negeri, penggemblengan kepemimpinan dan kemampuan manajerial dan integrasi Al Islam ke Muhammadiyah dalam kurikulum pendidikan dokter,” terang dia.
 

Hal itu untuk mencapai cita-cita menghasilkan dokter yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tapi juga spiritual, emosional dan sosial.
Baca juga: Universitas Telkom dan Uhamka juarai Kontes Robot Indonesia
Baca juga: Uhamka kerja sama pendidikan dengan tiga universitas di Uzbekistan


Pewarta: Indriani
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2020