Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 112 atlet muda bulu tangkis dipastikan meramaikan kompetisi Liga PB Djarum 2020 di GOR Djarum Jati, Kudus, Jawa Tengah mulai 7 sampai 13 Desember 2020.

Selama satu pekan, para peserta yang merupakan atlet PB Djarum bakal unjuk kemampuan terbaiknya pada nomor beregu dan perorangan yang dibagi ke dalam kelompok U-11, U-13, U-15, U-17, serta U-19 dan dewasa.

Ketua PB Djarum Yoppy Rosimin dalam keterangan tertulisnya, Jumat, mengatakan Liga PB Djarum 2020 merupakan upaya klub dalam menjaga dan meningkatkan kualitas atlet muda.

Program Director Bakti Olahraga Djarum Foundation ini mengakui turnamen ini diselenggarakan untuk mengisi kekosongan selama pandemi COVID-19 yang membuat berbagai turnamen nasional dan internasional dihentikan sementara.

"Sebagai klub, kami punya tanggung jawab untuk terus mengasah kemampuan atlet kami. Untuk itu kami menyelenggarakan kembali Liga PB Djarum di bulan Desember ini dengan tema 'Semangat Muda, Semangat Juara'," kata Yoppy. 

Baca juga: Ahsan/Hendra siapkan mental hadapi tur Asia dan BWF World Finals 2021

"Nanti ketika turnamen sudah kembali diadakan, seluruh atlet PB Djarum siap untuk bertanding secara maksimal," sambung Yoppy.

Kejuaraan ini digelar dengan format setengah kompetisi yang mempertemukan setiap atlet satu sama lain demi meraih titel juara, dalam format perorangan dan beregu. 

Dalam format beregu, sejumlah atlet PB Djarum akan dipasangkan secara acak dalam semua sektor.   Setiap atlet rata-rata bertanding tiga sampai empat kali dalam kategori berbeda.

"Selain bermain di kategorinya masing-masing, atlet yang memiliki performa tinggi di kelompok usianya, akan kami masukkan di kelompok usia yang lebih tinggi."

"Begitu pula dengan pasangan ganda yang sudah kuat akan kami carikan pasangan baru agar mereka lebih adaptif dengan siapa pun tandemnya di atas lapangan."

Baca juga: Ahsan/Hendra disebut layak jadi pahlawan bulu tangkis Indonesia

Dia melanjutkan, "Hal tersebut juga untuk melatih mental, fisik, dan fokus para atlet yang nantinya akan berdampak positif dalam menghadapi pertandingan di level nasional dan internasional."

Penyelenggaraan kejuaraan akan menerapkan protokol kesehatan, di antaranya digelar tanpa penonton, menjaga jarak, mewajibkan seluruh tim penyelenggara menjalani uji usap dan pengecekan suhu tubuh sebelum memasuki area pertandingan.

Selain itu, wajib masker dan hand sanitizer setiap masuk lapangan untuk wasit, service judge, linesman, hingga sterilisasi lapangan secara berkala, serta seluruh peralatan yang digunakan secara bergantian.

Karena digelar tanpa penonton, pecinta bulu tangkis dapat menyaksikan turnamen melalui live streaming di channel Youtube PB Djarum mulai pukul 09.00 WIB dan mulai pukul 14.00 WIB untuk sesi dua.

Baca juga: Ahsan /Hendra beberkan laga terberat yang pernah dilakoni

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2020