kita optimis Padang bisa masuk zona kuning
Padang (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kota Padang mencatat terdapat penambahan warga yang dinyatakan sembuh dari Corona Virus Disease (COVID-19) sebanyak 169 pada Jumat sehingga total warga yang sembuh hingga 4 Desember 2020 menjadi 10.142 orang.

"Alhamdulillah dari 11.229 kasus terkonfirmasi 10.142 orang telah dinyatakan sembuh," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang Ferimulyani Hamid di Padang, Jumat malam.

Ia merinci 169 kasus sembuh baru tersebut tersebar di Kecamatan Padang Timur 10 kasus, Padang Utara 7 kasus, Koto Tangah 56 kasus, Kuranji 25 kasus dan 16 kasus di Lubuk Begalung.

Kemudian Kecamatan Nanggalo 15 kasus, Lubuk Kilangan 6 kasus, Padang Barat 8 kasus, Pauh 8 kasus, Padang Selatan 18 kasus.

Baca juga: KPU: 23 petugas KPPS di Sumatera Barat positif COVID-19

Sedangkan pada 4 Desember terdapat empat pasien COVID-19 meninggal dunia yaitu dari Padang Utara, Padang Selatan, Nanggalo,  dan Kuranji sehingga total kasus meninggal dunia 223 orang.

Ia mengingatkan kendati Kota Padang sudah keluar dari zona merah penyebaran COVID-19 dan memasuki zona oranye bukan berarti protokol kesehatan dilonggarkan.

“Kita mesti tetap waspada dengan penyebaran COVID-19,” ujarnya.

Feri mengimbau warga Padang untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan dengan baik seperti mengenakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan pakai sabun.

“Berada di zona hijau pun kita nanti, semuanya harus tetap mematuhi protokol, karena kita di masa pandemi,” katanya.

Ia berharap warga tetap disiplin agar tidak terjadi penambahan jumlah positif yang cukup signifikan.

Baca juga: Tingkat kesembuhan pasien COVID-19 di Padang terus meningkat

Sementara Pelaksana Tugas Wali Kota Padang Hendri Septa menyebutkan saat ini tingkat kesembuhan COVID-19 di daerah itu berada di atas rata-rata nasional.

"Jumlah kasus sembuh COVID-19 sudah berada di atas rata-rata nasional yaitu sebesar 89,5 persen," kata dia.

Menurutnya dengan demikian ini jadi motivasi bagi warga Padang untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dalam aktivitas sehari-hari.

"Kota Padang berada pada zona oranye. Jika tren perkembangan kasus sembuh terus meningkat, kita optimis Padang bisa masuk zona kuning bahkan sampai zona hijau," katanya.

Baca juga: Lapas Padang kembali buka pelayanan usai ditutup karena COVID-19

Pewarta: Ikhwan Wahyudi
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2020