Jakarta (ANTARA News) - Indonesia akan menjadi tuan rumah Konferensi Pembangunan Asia Europe Meeting atau ASEM pada 25-26 Mei 2010. Konferensi Pembangunan II ASEM itu, menurut keterangan dari Kementerian Luar Negeri di Jakarta, Jumat, akan diselenggarakan di Yogyakarta.

Pertemuan yang dituanrumahi bersama dengan Uni Eropa itu merupakan pertemuan kedua yang akan diselenggarakan dalam kerangka ASEM, forum dialog yang beranggotakan 43 negara dari Asia dan Eropa, Uni Eropa dan Sekretariat ASEAN.

Dalam pertemuan tersebut, negara anggota dan mitra ASEM akan membahas beberapa topik, yaitu masa depan kerjasama Asia-Eropa dalam pembangunan berkelanjutan, perubahan iklim dan pembangunan rendah karbon, kohesi sosial dan perannya di pembanguna berkelanjutan serta perpaduan kebijakan.

Pada pertemuan tersebut Indonesia antara lain akan mengedepankan Komitmen Jakarta: Bantuan bagi Peta Jalan Efektivitas Pembangunan Indonesia menuju 2014 dalam tata kelola kerjasama bilateral.

Selain itu, Indonesia akan menyampaikan paparan mengenai perubahan iklim dan pembangunan karbon rendah.

Indonesia juga akan memanfaatkan pertemuan tersebut dengan mengadakan sejumlah pertemuan bilateral termasuk dengan Uni Eropa guna membahas kerjasama pembangunan yang saling menunjang.

Pertemuan itu diagendakan untuk menghasilkan deklarasi yang memuat rekomendasi kerjasama internasional dan pembangunan di masa mendatang antara Asia dan Eropa yang akan dituangkan dalam suatu Deklarasi bersama dan disampaikan kepada KTT ke-8 ASEM di Brussels, 4-5 Oktober 2010.
(Tz.G003/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010