Eksportir Sumut berpartisipasi Rp3,29 triliun pada pelepasan ekspor

Eksportir Sumut berpartisipasi Rp3,29 triliun pada pelepasan ekspor

Direktur Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga, Kementerian Perdagangan, Veri Anggrijono di Medan, menghadiri kegiatan pelepasan ekspor oleh Presiden RI Joko Widodo . (ANTARA/Humas Kemendag)

Medan (ANTARA) - Kementerian Perdagangan mengapresiasi pengusaha di Sumatera Utara khususnya lima perusahaan yang ekspornya masih terjaga saat pandemi COVID-19 dan berkontribusi sekitar Rp3,29 triliun pada kegiatan pelepasan ekspor oleh Presiden Joko Widodo, Jumat.

"PT Alfo Citra Abadi misalnya, Jumat, melepas 4 kontainer alumunium ekstruksi dan PT Ori Ginalnest Indonesia mengekspor sarang burung walet," ujar Direktur Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga, Kementerian Perdagangan, Veri Anggrijono di Medan, Jumat.

Selain Alfo dan Ori terdapat tiga perusahaan lain yang mengikuti pelepasan ekspor dari Sumut yakni PT Musimas, PT Wilmar, dan PT Permata Hijau Grup dengan produk CPO dan turunannya.

"Jadi total ekspor yang dilepas oleh lima perusahaan di Sumut itu mencapai 226,99 juta dolar AS atau setara dengan Rp3,29 triliun," katanya.

Baca juga: Sumut mulai ekspor bunga krisan ke Jepang

Baca juga: Nilai ekspor sektor industri Sumut naik 2,88 persen


Pelepasan ekspor dari Sumut itu merupakan bagian dari 133 perusahaan di 16 provinsi yang terlibat dalam kegiatan pelepasan ekspor oleh Presiden RI Joko Widodo.

Data menunjukkan nilai ekspor PT Alfo Citra Abadi justru meningkat 28 persen saat pandemi COVID dengan nilai ekspor 34,95 juta dolar AS di. periode Januari-November 2020.

Negara tujuan ekspor perusahaan itu ke Amerika Serikat, Kanada, dan Australia.

Sedangkan PT Ori Ginalnest Indonesia, kinerja ekspornya pada Januari—November 2020 naik 11 persen dibanding periode sama 2019 atau sebesar 46,29 juta dolar AS.

Negara tujuan ekspornya antara lain ke Republik Rakyat Tiongkok, Australia, Amerika Serikat, Perancis, dan Singapura.

"PT Alfo dan PT Ori Ginalnest merupakan perusahaan yang mendapat anugerah Primaniyarta sebagai perusahaan dengan Kategori Eksportir Berkinerja tahun 2020," katanya.

Very mengapresiasi Sumut yang berkinerja cukup baik dikala pandemi COVID-19.

Neraca perdagangan luar negeri Sumut pada periode Januari--September 2020 surplus sebesar 2,74 miliar dolar AS.

Surplus tersebut diperoleh dari total ekspor sebesar 5,65 miliar dolar AS dan impor 2,91 miliar dolar AS.*

Baca juga: Neraca perdagangan Sumut diprediksi tetap surplus hingga akhir tahun

Baca juga: Kemendag : 23 eksportir sarang walet ke RRT punya sertifikat


Pewarta: Evalisa Siregar
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar