Pakar Arkeologi Islam Uka Tjandrasasmita Meninggal Dunia

Bogor (ANTARA News) - Pakar arkeologi Islam Dr Uka Tjandrasasmita meninggal dunia dalam usia 80 tahun, Sabtu.

Almarhum yang tinggal di Cemplang Baru RT04/RW 10 Kelurahan Cilendek Barat Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, Jawa Barat (Jabar), meninggal dunia pukul 10.20 WIB setelah mengalami sakit kanker usus yang cukup lama.

Uka Tjandrasasmita yang lahir di Kuningan 8 Oktober 1930 itu terakhir aktif sebagai dosen Program Pasca Sarjana Studi Sejarah Peradaban Islam UIN Syarif Hidayatullah.

Ia menyelesaikan kuliah S-1 di Fakultas Sastra Universitas Indonesia (UI) jurusan Ilmu Purbakala dan Sejarah Kuno tahun 1960.

Arkeologi Islam merupakan bidang yang ditekuninya dan ia sempat cukup lama menjadi dosen di jurusan Arkeologi Universitas Indonesia, di samping kesibukannya di Ditjen Kebudayaan Depdikbud.

Di tahun 1980-an ia sempat menjadi Direktur Direktorat Perlindungan dan Pembinaan Sejarah Purbakala Ditjen Kebudayaan, dan banyak melakukan penelitian khususnya di situs-situs peninggalan Islam di Indonesia.

Sejumlah buku telah ditulisnya, bahkan hingga usia senja ia masih meluangkan waktu menulis sebuah buku mengenai Arkeologi Islam.

Buku terakhirnya berjudul "Arkeologi Islam Nusantara" itu merupakan kumpulan tulisannya. Buku berisi 23 naksah karya Uka dibagi dalam tiga bab, yakni Arkeologi Islam dan Dinamika Kosmopolitanisme, Arkeologi Islam dan Dinamika Lokal di Nusantara dan Arkeologi Islam dan Penaskahan Nusantara.

Menurut Ketua Program Studi S1 Arkeologi UI Dr Nini Susanti, almarhum merupakan figur yang penuh dedikasi terhadap ilmu arkeologi.

"Bahkan ketika dia sakit, masih tekun dan bisa menulis sebuah buku," kata Nini Susanti yang juga pernah menjadi murid dari Dr Uka.

"Memang sudah cukup lama beliau tidak mengajar di UI lagi, tapi kami tetap mengenalnya sebagai pribadi yang baik. Beliau tidak pernah berhenti menuangkan pikirannya di bidang arkeologi Islam," tambahnya.(T004/A035)

Pewarta: adit
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2010

Komentar