Komunitas Mat Peci susuri Kali Ciliwung peringati Hari Relawan

Komunitas Mat Peci susuri Kali Ciliwung peringati Hari Relawan

Relawan dari sejumlah komunitas melakukan susur Kali Ciliwung dalam acara memperingati Hari Relawan Internasional 2020, Sabtu (5/12/2020) (ANTARA/HO-Kominfotik Jakarta Selatan)

Kegiatan diikuti peserta dari sejumlah komunitas, kelompok remaja, dan karang taruna
Jakarta (ANTARA) - Dalam rangka memperingati Hari Relawan Internasional tahun 2020, Komunitas Masyarakat Peduli Ciliwung (Mat Peci) menyelenggarakan kegiatan ekoeduwisata (ekowisata dan edukasi) dengan menyusuri Kali Ciliwung, guna meningkatkan kepedulian para relawan terhadap lingkungan, Sabtu.

Kegiatan yang mendapat dukungan dari Suku Dinas Lingkungan Hidup Kota Jakarta Selatan ini, dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

Baca juga: Kawasan padat hunian di Kebon Pala terendam luapan Ciliwung

Kegiatan diikuti peserta dari sejumlah komunitas, kelompok remaja, dan karang taruna.

Selain menyusuri kali,  juga dilakukan kegiatan sosialisasi dan edukasi, serta penanaman pohon di bantaran sungai atau Kali Ciliwung.

Kepala Suku Dinas lingkungan Hidup Kota Jakarta Selatan, Mohamad Amin mengatakan kegiatan ekoeduwisata yang diselenggarakan oleh Mat Peci sangat baik untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian para remaja, karang taruna untuk menjaga lingkungan.

Baca juga: Bima Arya sebut Ekspedisi Ciliwung temukan banyak sampah dan limbah

"Kegiatan ini sangat baik, dengan adanya ekowisata ini maka kali ini tentu akan terurus oleh temen-temen dari Karang Taruna, juga termasuk dari UPK Badan Air," kata Amin.

Menurut Amin, dengan kegiatan tersebut ada kesadaran di masyarakat lewat kegiatan karang taruna untuk menjaga lingkungan kali agar tetap bersih terbebas dari sampah.

"Mudah-mudahan bagian bawah air diurus oleh teman-teman karang taruna, sungainya jadi bagus, kemudian di bantaran kalinya ditata rapi. Mudah-mudahan ke depan juga bisa lebih baik lagi, dan bisa digaungkan untuk masyarakat umum," ujar Amin.

Amin menambahkan, bahwa kelestarian Sungai Ciliwung dan sekitarnya harus selalu dijaga oleh semua pihak, baik itu pemerintah, masyarakat dan lembaga swadaya masyarakat juga perlu dilibatkan.

Baca juga: Cegah kecelakaan, tanggul Kali Ciliwung di Senen ditinggikan

Kehadiran relawan dalam melestarikan lingkungan di sekitar bantaran kali, menurut Amin, sangat penting perannya. Oleh karena itu dirinya mendukung upaya relawan untuk selalu selalu berkiprah di dalam bidang pelestarian lingkungan.

"Kita harapkan relawan bisa terus peduli lingkungan. Saya kira ini sangat penting buat ke depan. Supaya lingkungan kita jauh lebih baik. Karena anak-anak muda terlibat," kata Amin.

Ketua Komunitas Mat Peci Usman Firdaus menyebutkan, kegiatan ekoeduwisata diikuti para relawan dari sejumlah komunitas, yakni Komunitas Peduli Sungai dan Lingkungan, Karang Taruna, serta relawan dari Mat Peci sendiri.

Menurut dia, pelibatan generasi milenial dalam pengenalan lingkungan, agar mereka bisa lebih peduli lagi kepada sungai, kepada lingkungannya.

"Kita mendorong generasi milenial ini bisa menjadi agen-agen perubahan. Bagaimana mereka bisa mempengaruhi masyarakat luas untuk peduli lingkungan. Minimal di lingkungan sekitarnya," ujar Firdaus.

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar