Liga Jerman

Gol Reyna hindarkan Dortmund dari kekalahan di markas Frankfurt

Gol Reyna hindarkan Dortmund dari kekalahan di markas Frankfurt

Gelandang Borussia Dortmund Giovanni Reyna merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Eintracht Frankfurt pada pertandingan Liga Jerman yang dimainkan di Deutsche Bank Park, Frankfurt, Sabtu (5/12/2020). (ANTARA/AFP/DANIEL ROLAND)

Jakarta (ANTARA) - Gelandang asal AS Giovanni Reyna menghindarkan Borussia Dortmund dari kekalahan saat mereka bermain imbang 1-1 di markas Eintracht Frankfurt dalam pertandingan Liga Jerman, Sabtu.

Hasil imbang perdana di liga musim ini bagi Dortmund membuat tertahan di posisi keempat dengan koleksi 19 poin. Sedangkan Frankfurt masih belum beranjak dari posisi kesembilan dan memperpanjang rentetan hasil imbangnya di liga menjadi lima laga berturut-turut, demikian catatan laman resmi Liga Jerman.

Pada pertandingan yang dimainkan di Deutsche Bank Park, Frankfurt, tersebut, Frankfurt memperlihatkan tekad besar untuk dapat meraup kemenangan. Mereka memecah kebuntuan pada menit kesembilan saat Daichi Kamada mengatur larinya dengan sempurna untuk mengejar bola panjang kiriman Martin Hinteregger, sebelum menaklukkan kiper Roman Buerki.

Jadon Sancho memiliki dua peluang emas untuk menyamakan kedudukan bagi Dortmund, namun mereka baru berhasil menyamakan kedudukan melalui gol Reyna pada menit ke-56. Pemain 18 tahun itu mendapat operan dari Sancho, untuk kemudian bergerak memotong melewati Hinteregger sebelum melepaskan tembakan keras yang tidak dapat diantisipasi kiper Kevin Trapp.

Baca juga: Krzysztof Piatek jadi pahlawan Hertha untuk menangi derby Berlin

Hasil imbang juga didapat tim papan atas lainnya, Wolfsburg, yang ditahan imbang 2-2 saat bertamu ke markas Cologne.

Tuan rumah Cologne mencetak gol pembukaan saat pertandingan memasuki menit ke-18. Pemain muda Jan Thielmann menerima umpan tatik Salih Oczan, untuk kemudian mengarahkannya ke sudut jauh Wolfsburg. Itu sekaligus merupakan gol perdana Thielmann di Liga Jerman.

Keunggulan Cologne hanya bertahan sampai menit ke-29. Tendangan bebas melengkung Maximilian Arnold meluncur mulus ke sudut atas gawang tim tamu.

Pada menit ke-43 Cologne kembali memimpin. Rexhbecaj menaklukkan perangkap offside, dan mengirimkan bola untuk disambar Ondrej Duda menjadi gol.

Wout Werghorst kemudian menjadi penyelamat Wolfsburg melalui golnya pada menit ke-47. Umpan silang sempurna kiriman Renato Steffen ditanduk Wout Werghorst tanpa dapat dihentikan kiper Timo Horn.

Hasil imbang 2-2 juga menjadi hasil akhir pertandingan antara Freiburg menjamu Borussia Moenchengladbach. Hasil itu tidak mengubah posisi kedua tim di klasemen, Freiburg tetap menghuni posisi ke-14 dengan delapan poin, Gladbach tetap di posisi ketujuh dengan 16 poin.

Gladbach membuka keunggulan melalui gol Breel Embolo pada menit ke-23. Operan cerdik Lars Stindl tertuju kepada Embolo, yang tidak kesulitan untuk menaklukkan kiper Florian Mueller.

Freiburg mampu menyamakan kedudukan pada menit ke-32. Bek tengah Philipp Leinhart menanduk bola dari jarak dekat, meneruskan sepakan salto dari Baptiste Santamaria.

Tuan rumah mendapat hadiah penalti pada menit ke-49, setelah Stefan Lainer melanggar Hoeller di kotak terlarang. Vincenzo Grifo yang menjadi eksekutor berhasil mengecoh kiper Yann Sommer.

Namun keunggulan itu hanya berusia singkat. Pada menit ke-50, Alassane Plea melepaskan tembakan jarak jauh menuju sudut atas gawang Freiburg.

Baca juga: Jadwal Liga Jerman: Sajian adu kuat dua tim di posisi puncak

Satu-satunya pertandingan putaran kesepuluh Liga Jerman pada Sabtu ini yang menghasilkan pemenang adalah Arminia Bielefeld menang 2-1 atas tamunya Mainz 05.

Arminia membuka keunggulan melalui gol Manuel Prietl pada menit ke-21. Ritsu Doan menyodorkan bola kepada Prietl, yang tembakannya dari tepi kotak penalti tidak dapat dihentikan kiper Robin Zentner.

Doan kembali terlibat pada gol kedua Arminia yang tercipta pada menit ke-31, kali ini sebagai pencetak gol. Ia memperlihatkan kepiawaiannya menggiring bola, sebelum melepaskan tembakan mendatar menembus gawang tim tamu.

Tim posisi ke-16 Mainz baru dapat membukukan gol hiburan pada menit ke-82, melalui penyelesaian sederhana Kevin Stoeger.

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar