Jakarta (ANTARA) - RKC Waalwijk mengatasi perlawan tim tamu VVV Venlo dengan skor 3-2 berkat gol pengujung laga yang dicetak Lennerd Daneels dalam laga pekan ke-11 Liga Belanda di Stadion Mandemakers, Sabtu.

Tambahan tiga poin membuat Waalwijk terus menjauhi zona degradasi dan kini bertengger di posisi ke-10 klasemen sementara dengan koleksi 12 poin, meninggalkan VVV (9) yang tertahan di urutan ke-13, demikian catatan laman resmi Liga Belanda.

Tuan rumah sempat unggul lebih dulu pada menit 30 berkat sontekan Finn Stokkers. Menerima umpan sodoran Anas Tahiri, Stokkers melepaskan sontekan ke pojok kanan gawang yang tak bisa ditepis kiper VVV.

Namun hanya berselang lima menit, VVV mampu menyamakan kedudukan melalui titik putih setelah Paul Quasten kedapatan menyentuh bola dengan tangannya di kotak terlarang. Giorgios Giakoumakis yang menjadi eksekutor tak menyia-nyiakan peluang tersebut.

Baca juga: Comeback-nya Robben ditunda tahun depan

Masuk pada babak kedua, VVV berbalik unggul 2-1 lewat sundulan Vito van Crooij. Menerima umpan Steffen Schaler di pojok kanan atas, Vito yang berdiri tanpa pengawalan berarti sukses mengonversinya menjadi gol.

Sayang, VVV malah harus menyelesaikan laga dengan 10 orang tak lama setelah gol kedua mereka, kala Roy Gelmi mendapat kartu kuning kedua dalam pertandingan itu.

Unggul jumlah pemain dimaksimalkan betul oleh para pemain Waalwijk. Sepakan jarak jauh Ahmed Touba sempat menyentuh kaki bek lawan dan mengubah arah bola. Kiper VVV yang mati langkah tak bisa mengantisipasinya. Skor kembali imbang 2-2.

Di penghujung laga, gelandang Waawijk Lennerd Daneels menjadi pembeda untuk mengantarkan timnya meraih tiga poin. Lewat skema umpan satu-dua, ia menyelesaikannya lewat sepakan keras ke pojok kiri gawang. Hingga bubaran skor 3-2 menandai pertandingan itu.

Dalam laga pekan ke-12, RKC Waalwijk akan bertandang ke markas FC Groningen pada Sabtu (12/12), sementara VVV akan mendapat ujian berat kala menjamu Feyenoord pada Minggu (13/12).

Baca juga: Dick Advokaat pensiun akhir musim ini
Baca juga: Klasemen Liga Belanda: Feyenoord dan AZ masih belum terkalahkan

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2020