Jakarta (ANTARA) - Fortuna Sittard akhirnya meraih kemenangan perdana di Liga Belanda musim ini seusai menundukkan tamunya, Willem II, dengan skor 3-2 dalam laga pekan ke-11 di Stadion Fortuna Sittard, Sabtu waktu setempat (Minggu WIB).

Raihan ini menyudahi puasa kemenangan Fortuna yang dalam 10 laga sebelumnya hanya mampu membukukan tiga hasil imbang dan dipaksa menelan tujuh kekalahan, demikian catatan resmi Liga Belanda.

Kendati demikian, tambahan tiga poin tidak cukup bagi Fortuna untuk keluar dari bayang-bayang zona degradasi. Mereka hanya naik satu peringkat ke posisi 16 atau zona playoff dengan raihan enam poin.

Adapun bagi Willem II, kekalahan ini membuat mereka hanya terpaut satu strip dari Fortuna Sittard di posisi 15 dengan selisih poin hanya dua angka.

Baca juga: RKC Waalwijk atasi VVV Venlo berkat gol pengujung laga

Tuan rumah mampu unggul cepat saat laga baru berjalan sembilan menit. Melalui serangan cepat, George Cox mengirimkan umpan silang matang yang tinggal dicocor Lisandro Semedo untuk menjadi gol.

Selepas gol itu, Willem III langsung meningkatkan tempo permainan. Tetapi bukannya membuat gol balasan, mereka kembali tertinggal 2-0 melalui titik putih seusai bek mereka Jan van der Heijden melanggar Sebastien Polter di dalam kotak penalti.

Polter yang mengambil sendiri tendangan penalti tak kesulitan untuk mengonversinya menjadi gol. Di penghujung laga, Zian Flemming semakin memperlebar keunggulan menjadi 3-0 lewat tendangan jarak jauhnya.

Willem lantas membuat sejumlah pergantian untuk menambah daya gedor di lini depan. Hasilnya ampuh saat Vangelis Pavlidis memperkecil ketertinggalan menjadi 3-1 pada menit ke-66.

Harapan muncul ketika Jan-Arie van der Heijden membuat papan skor berubah menjadi 3-2, saat sepakannya di dalam kotak penalti membuat kiper Fortuna Sittard bergeming.

Namun sayang di tengah momentum kebangkitan, Willem II justru harus kehilangan satu pemainnya. Gelandang Pol Llonch harus diusir wasit setelah mendapat kartu kuning kedua dalam pertandingan kali ini.

Hingga babak tambahan waktu di paruh kedua berakhir skor 3-2 untuk kemenangan tuan rumah Fortuna Sittard atas Willem II tetap bertahan.

Pada pekan selanjutnya, Fortuna Sittard akan bertandang ke markas Heracles Almelo pada Jumat (11/12) waktu setempat, sementara Willem II akan menjamu tim asal Rotterdam, Sparta, pada Minggu (13/12).

Baca juga: Comeback-nya Robben ditunda tahun depan
Baca juga: Dick Advokaat pensiun akhir musim ini
Baca juga: Klasemen Liga Belanda: Feyenoord dan AZ masih belum terkalahkan

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2020