Kami minta warga korban longsor agar mengungsi ke lokasi yang lebih aman guna mengantisipasi bencana alam itu
Lebak (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak Provinsi Banten mencatat 13 rumah rusak berat dilanda longsor setelah curah hujan di daerah itu cukup tinggi sejak Sabtu (5/12) malam.

"Beruntung, kejadian itu tidak menimbulkan korban jiwa," kata Plt Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Lebak Pebby Rezky Pratama di Lebak, Minggu.

Warga yang terdampak bencana longsor di Desa Karangnunggal Kecamatan Cirinten, Kabupaten Lebak setelah diguyur hujan dengan intensitas sedang dan ringan.

Baca juga: Jalan penghubung kecamatan di Cianjur terputus akibat longsor

Selama ini, kondisi rumah mereka cukup berat dan dipastikan tidak bisa kembali menempati guna mencegah korban jiwa.

Kebanyakan rumah warga yang terdampak longsor berada di wilayah perbukitan dengan ketinggian antara 20-50 meter.

Baca juga: Jalan penghubung kecamatan di Cianjur terputus akibat longsor

"Kami minta warga korban longsor agar mengungsi ke lokasi yang lebih aman guna mengantisipasi bencana alam itu," katanya menjelaskan.

Ia menyebutkan, jumlah rumah yang mengalami kerusakan dilanda longsor tercatat 13 unit di Kecamatan Cirinten dan satu titik jalan di Kampung Cibeas Kecamatan Leuwidamar.

Baca juga: 300 lebih warga Banjarnegara-Jateng mengungsi akibat longsor

Namun, rumah warga yang terdampak longsor nantinya akan diusulkan pada Dinas Sosial setempat agar mendapat bantuan perbaikan.

Saat ini, kata dia, warga yang tinggal di daerah rawan longsor di Kabupaten Lebak mencapai ribuan kepala keluarga (KK).

Sebab, permukiman mereka berada di sekitar kawasan kaki Gunung Halimun Salak, seperti di Kecamatan Sobang, Muncang, Lebak Gedong, Cibeber, Cirinten, Leuwidamar, Cigemblong, Panggarangan, Cilograng dan Bayah.

BPBD Lebak bersama TNI, Polri dan relawan melakukan evakuasi untuk penyelamatan warga korban longsor agar tidak menimbulkan korban jiwa.

"Kami menyampaikan surah peringatan imbauan kepada aparatur camat, desa dan kelurahan agar meningkatkan waspada bencana alam," katanya.

Sementara itu, sejumlah warga korban longsor mengaku bahwa mereka mengharapkan pemerintah daerah memberikan bantuan untuk membangun kembali rumah yang kondisinya rusak parah.

"Kami saat ini merasa bingung karena tidak memiliki uang untuk membangun rumah yang rusak itu," kata Suyadi, warga Kecamatan Cirinten, Kabupaten Lebak.

Pewarta: Mansyur suryana
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2020