Atletik

Pelari asal Kenya, Kandie pecahkan rekor dunia half marathon

Pelari asal Kenya, Kandie pecahkan rekor dunia half marathon

Dokumentasi - Pelari Kenya Kibiwott Kandie saat turun di Sao Silvestre Run, Sao Paulo, Brazil pada 31 December 2019. ANTARA/REUTERS/Amanda Perobelli/aa.

Jakarta (ANTARA) - Pelari Kenya Kibiwott Kandie memecahkan rekor dunia half marathon dengan selisih 29 detik dengan rekor sebelumnya di Valencia Half Marathon, Minggu dan menjadi orang pertama yang mencetak waktu di bawah 58 menit.

Kandie, yang finis kedua di kejuaraan half marathon dunia di Gdynia pada Oktober, menyelesaikan balapan tahunan di Spanyol itu dalam 57 menit dan 32 detik, memecahkan rekor sebelumnya 58:01 yang dicetak rekan senegaranya Geoffrey Kamworor pada September 2019.

Empat pelari papan atas semuanya berada di depan. Kandie disusul Jacob Kiplimo dari Uganda di urutan kedua dengan catatan waktu 57:37, Rhonex Kipruto asal Kenya di posisi ketiga dengan catatan waktu 57:49 dan pelari Kenya lainnya, Alexander Mutiso di tempat keempat dengan catatan waktu 57:59.

Baca juga: Yehualaw pecahkan rekor lari half marathon tercepat kedua di dunia

Kandie, 24, terus memimpin di depan dan dibayangi oleh juara dunia Jacob Kiplimo dan hingga jarak 15 kilometer mereka membukukan catatan waktu 41:10.

Kedua pelari terdepan itu terus mempertahankan keunggulan hingga enam km berikutnya sebelum Kandie membuat gebrakan untuk menyelesaikan kejuaraan lebih dari satu menit dari catatan terbaik pribadi sebelumnya dengan waktu 58:37.

Pelari Ethiopia Genzebe Dibaba sukses menjadi yang terbaik debut jarak jauh di sektor putri setelah menyelesaikan perlombaan dengan catatan waktu 1:05:18.

Baca juga: Pelari top abaikan polusi dan pandemi di Delhi Half Marathon
Baca juga: 9.000 pelari ambil bagian di Shanghai Marathon

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Orang kuat Rusia pecahkan rekor dunia menggerakkan kincir ria

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar