Liga Inggris

Crystal Palace bekuk West Brom 5-1 disokong dwigol Zaha dan Benteke

Crystal Palace bekuk West Brom 5-1 disokong dwigol Zaha dan Benteke

Penyerang Crystal Palace Wilfried Zaha (kiri) melakukan selebrasi bersama Jeffrey Schlupp seusai mencetak gol keduanya ke gawang West Bromwich Albion dalam lanjutan Liga Inggris di Stadion The Hawthorns, West Bromwich, Inggris, Minggu (6/12/2020). (ANTARA/REUTERS/POOL/Mike Egerton)

Jakarta (ANTARA) - Crystal Palace membekuk West Bromwich Albion 5-1 disokong dwigol yang dibukukan Wilfried Zaha dan Christian Benteke dalam laga pekan ke-11 Liga Inggris di Stadion The Hawthorns, Minggu.

Zaha, yang baru selesai menjalani karantina setelah positif dalam tes COVID-19, menandai laga kembalinya dengan berperan penting dalam gol pembuka keunggulan Palace saat pertandingan baru berjalan delapan menit.

Penyerang berusia 28 tahun itu melepaskan umpan tarik ke tengah kotak penalti yang berusaha dihalau oleh bek sayap Darnell Furlong tetapi ia malah membelokkan bola ke dalam gawangnya sendiri.

Furlong membayar kesalahannya dengan mencatatkan assist lewat umpannya yang diselesaikan Conor Gallagher untuk membuat West Brom menyamakan kedudukan pada menit ke-30.

Namun, empat menit kemudian West Brom harus melanjutkan pertandingan dengan 10 pemain setelah Matheus Pereira melanggar Patrick van Aanholt dan wasit Paul Tierney yang berkonsultasi dengan VAR memutuskan menjatuhkan hukuman kartu merah.

Baca juga: Wilfried Zaha bisa kembali saat Palace sambangi West Brom

Kehilangan satu pemain tidak membuat West Brom sekadar menebalkan lini pertahanannya dan beberapa kali meladeni permainan Palace bahkan melancarkan serangan, tetapi perlahan-lahan ketimpangan itu mulai terasa ketika Zaha mencetak gol pertamanya pada menit ke-55 demi merestorasi keunggulan tim tamu 2-1.

Empat menit berselang, giliran Benteke yang mencetak gol setelah sundulannya menyambut umpan silang Van Aanholt membuat kiper Sam Johnstone tak berkutik.

Palace terus menyerang dan pada menit ke-68, Zaha melengkapi penampilan ke-200-nya di Liga Inggris dengan mencetak gol kedua menyelesaikan kerja sama umpan satu-dua bersama Eberechi Eze, sebelum ditarik keluar digantikan Michy Batshuayi pada menit ke-81.

Semenit kemudian, giliran Benteke yang mencapai raihan dwigolnya dengan menyelesaikan umpan kiriman Nathaniel Clyne demi melengkapi kemenangan Palace menjadi 5-1 atas West Brom.

Hasil itu membuat Palace untuk pertama kalinya sepanjang sejarah sukses mencetak lima gol ke gawang lawan dalam laga tandang di kasta tertinggi Liga Inggris.

Baca juga: Klasemen Liga Inggris: Chelsea rebut puncak jelang Derbi London Utara

Di sisi lain, manajer Palace Roy Hodgson kini juga turut mencatatkan namanya sebagai pemegang rekor jumlah kemenangan terbanyak, 11 kali, melawan tim-tim yang pernah ia tangani di Liga Premier, berbagi tempat dengan Harry Redknapp dan Sam Allardyce.

Tambahan tiga poin membuat Palace sementara naik ke urutan ke-11 kalasemen dengan koleksi 16 poin, sedangkan West Brom (6) kini melorot ke peringkat ke-19, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Di pertandingan selanjutnya Palace akan melawat ke markas West Ham United pada Minggu (13/12) pekan depan, sehari setelah West Brom bertandang ke St. James' Park menghadapi Newcastle United.

Baca juga: Solskjaer berharap cedera Cavani dan Martial tidak serius
Baca juga: Dominic Calvert-Lewin kokoh pimpin daftar top skor Liga Inggris

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Dadan Ramdani
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Direksi TVRI patahkan alasan Dewas pecat Helmy soal tayangan asing

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar