Liga Prancis

Lille jaga jarak poin dari PSG usai lumat Monaco

Lille jaga jarak poin dari PSG usai lumat Monaco

Pemain Lille Yusuf Yazici merayakan golnya bersama Jonathan Ikone saat melawan AS Monaco pada pekan ke-13 Liga Prancis yang berlangsung di Stadion Pierre-Mauroy, Minggu (6/12/2020). Lille menang 2-1 dalam pertandingan itu. ANTARA/REUTERS/aa.

Jakarta (ANTARA) - Lille sukses menjaga jarak poin dari Paris Saint-Germain (PSG) seusai melumat AS Monaco 2-1 dalam laga pekan ke-13 Liga Prancis yang berlangsung di Stadion Pierre-Mauroy, Lille, Minggu.

Raihan tiga poin ini mengantar Lille menempel ketat PSG dengan selisih dua poin. Lille kini mengoleksi 26 poin di posisi kedua. Sementara bagi Monaco harus turun ke posisi lima dengan 23 angka, demikian catatan resmi Liga Prancis.

Meski bertindak sebagai tim tamu, Monaco tampil agresif di awal-awal laga. Benoit Badiashile langsung mengancam gawang tuan rumah yang dikawal Mike Maignan, sayang sundulannya masih bisa terblok barisan pertahanan Lille.

Begitu pula dengan peluang Sofiane Diop pada menit ke-13. Sepakan keras dari kotak penalti masih mengarah tepat ke pelukan penjaga gawang Lille.

Baca juga: PSG kembali ke jalur kemenangan usai lumat Montpellier
​​​​
Baca juga: Tren buruk Rennes berlanjut setelah dipermalukan Lens


Tuan rumah baru bisa mengancam gawang Monaco ketika memasuki menit ke-42. Sepakan kaki kanan Jonathan Bamba dari luar kotak penalti masih bisa ditepis kiper Mannone.

Lille harus menunggu hingga menit ke-53 untuk memecah kebuntuan. Sepakan Jonathan David dari dalam kotak penalti menerima umpan Jonathan Ikone meluncur mulus ke gawang Vito Mannone.

Monaco yang ingin memperpanjang rekor lima kemenangan beruntun lantas mengganti sejumlah pemain guna menambah daya gedor. Cesc Fabregas dan Fode Balo dimasukkan mengganti Wissam Ben Yedder dan Caio Henrique.

Alih-alih memaksa kedudukan imbang, Monaco justru harus tertinggal 2-0 pada menit ke-65. Berawal dari serangan balik cepat, Burak Yilmaz mengirim umpan matang bagi Yusuf Yazici untuk diselesaikan lewat sontekan.

Unggul dua angka membuat pelatih Lille Christophe Galtier menebalkan barisan belakang. Langkah itu disambut pula oleh Monaco yang menarik garis pertahanan tinggi.

Meski begitu, Monaco hanya bisa memperkecil kedudukan di penghujung laga melalui aksi Pietro Pellegri. Gol itu menjadi penutup laga untuk kemenangan Lille 2-1.

Kemenangan ini menjadi modal bagi Lille yang akan terbang ke Celtic dalam laga terakhir Liga Europa. Meski sudah dipastikan lolos, Lille tentu tak ingin menyia-nyiakan kesempatan sebagai pimpinan Grup H di atas AC Milan.

Sementara bagi Monaco, kekalahan ini memutus rentetan kemenangan di empat laga sebelumnya. Mereka akan menjamu tim kuat Marseille pada pekan ke-14 pada Sabtu.

Baca juga: Kylian Mbappe tembus 100 gol di Paris Saint-Germain
Baca juga: Monaco merangsek ke posisi tiga usai kandaskan Nimes 3-0

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar